Biaya Murah, Suntik TT di Puskesmas Penting untuk Wanita Sebelum Menikah

Biaya suntik TT (tetanus toxoid) - nypost.comBiaya suntik TT (tetanus toxoid) - nypost.com

Pasangan yang hendak menikah perlu melakukan kesehatan dan melengkapi berbagai . Serangkaian kesehatan dilakukan calon pengantin untuk mendeteksi adanya beberapa masalah kesehatan sebelum dinyatakan sah sebagai suami-istri. Salah satu yang diharuskan adalah menjalani TT (tetanus toxoid) di puskesmas yang telah ditunjuk.

Untuk mengurus tes kesehatan, calon pengantin harus mendaftarkan diri terlebih dahulu di puskesmas terdekat sesuai dengan yang telah ditentukan. “Iya, harus ada pengantar dari kelurahan dulu. Jika tidak ada, kami tidak bisa memproses. Kan kita tidak punya datanya, dan harus terdaftar dulu dari kelurahan. Ini juga dari DKI,” kata salah seorang petugas puskesmas di Jakarta Selatan, seperti dilansir Detik.

Usai mendaftar di puskesmas, calon pengantin dapat meminta surat keterangan dari petugas setempat untuk melanjutkan pemeriksaan ke ruang laboratorium. Hasil pemeriksaan dapat ditunggu sekitar 2 jam. Tes kesehatan yang harus dilalui memang cukup banyak, mulai dari tes darah rutin, hemoglobin, leukosit, HIV (Human Immunodeficiency Virus), dan Hepatitis. Calon pengantin perempuan pun wajib melakukan imunisasi TT.

Suntik TT sendiri telah diwajibkan pemerintah sejak tahun 1986 silam sebagai salah satu di Kantor Urusan Agama (KUA). Setiap wanita yang akan (dan setelah) menikah perlu memperoleh suntik TT sebanyak 5 kali supaya dapat terlindung dari penyakit tetanus selama 25 tahun. Jadwal suntik TT ini umumnya dimulai selambat-lambatnya 2 minggu sebelum menikah sampai sekitar 2 tahun sesudah itu secara bertahap.

Lantas mengapa suntik TT dilakukan sebelum menikah? Seperti diketahui, setelah menikah wanita yang melakukan hubungan suami-istri untuk pertama kali biasanya kelaminnya akan mengalami luka karena robeknya selaput dara. Luka itu pula yang dapat menjadi jalan masuknya bakteri penyebab tetanus. Dengan memperoleh vaksinasi tetanus, maka akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh para wanita dari infeksi tetanus.

Biaya suntik TT di puskesmas pun cukup murah, berkisar antara Rp10 ribu hingga Rp20 ribuan untuk sekali suntik. Bahkan jika mendapat rujukan dari BPJS Kesehatan, maka calon pengantin tidak akan ditarik biaya, alias gratis.

Loading...