Berapa Biaya Suntik untuk Menghilangkan Keloid?

Biaya Suntik untuk Menghilangkan Keloid - (Youtube: OC MedDerm)Biaya Suntik untuk Menghilangkan Keloid - (Youtube: OC MedDerm)

Keloid termasuk masalah kulit yang cukup mengganggu dan rentan muncul ketika kulit mengalami luka, entah itu luka bakar, , , operasi, tindik, atau bahkan karena tak sengaja tergores. Keloid bisa muncul karena saat kulit terluka biasanya parut atau fibrosa akan memperbaiki kulit yang rusak. Sayangnya, pada orang yang cenderung rentan keloid, penyembuhan kulit ini justru sangat aktif hingga bekas luka terlihat menebal dan menonjol. Sebenarnya ada banyak yang bisa dilakukan untuk mengatasi keloid, mulai dari suntik atau laser dengan biaya yang beragam pula.

injeksi atau suntik keloid termasuk salah satu cara pengobatan keloid yang cukup disukai. Biasanya penderita keloid disarankan melakukan suntik kortison atau steroid (kortikosteroid) hingga beberapa kali untuk memperkecil atau menyamarkan tampilan keloid. Suntik keloid dinilai sebagai tindakan yang cukup aman dan minim rasa sakit, namun hanya dianjurkan dilakukan oleh yang memang berpengalaman saja dengan dosis yang tepat.

Walau demikian, suntik keloid ini rupanya berpotensi membuat area sekitar keloid menyisakan bercak kemerahan. Selain untuk keloid, suntik kortison juga kerap dilakukan untuk menghilangkan jerawat kistik yang meradang. “Anda bisa melakukan suntik kortison. Akan segera bekerja dan biasanya jerawat akan hilang dalam 24-28 jam,” ujar dr. Jennifer Levine pada Vogue, seperti dilansir Kumparan.

Kortison sendiri mengandung sifat anti-radang yang dikenal ampuh untuk menyembuhkan jerawat kistik, nodul, pustul, sampai jerawat batu. Kortison bekerja dengan melawan peradangan dan menghambat terbentuknya jaringan parut atau bekas jerawat di kulit wajah. Dosis keloid harus tepat, sebab apabila berlebihan justru berpotensi merusak kemampuan kulit untuk beregenerasi atau menyembuhkan diri sendiri hingga mengubah asli kulit menjadi lebih pucat.

Biasanya sejumlah klinik kecantikan mematok biaya suntik kortison untuk jerawat atau keloid sekitar Rp300 ribuan per sekali suntik. Di pasaran juga ada obat injeksi keloid yang tersedia dalam berbagai merek dagang seperti Kenacort yang dijual dengan sekitar Rp125 ribu, Trilac 40 mg seharga Rp170 ribu, dan lain-lain.

Loading...