Hilangkan Bekas Luka, Berapa Biaya Suntik Keloid?

Biaya Suntik Keloid - premier-clinic.comBiaya Suntik Keloid - premier-clinic.com

Bekas luka memang bisa merusak penampilan, terlebih bekas itu adalah keloid. Ini dapat dikatakan sebagai bekas luka yang timbul ke permukaan sehingga tidak rata dengan permukaan lain. Jika dibiarkan, keloid ini dapat menyebabkan yang tidak menyenangkan, seperti gatal, sensitif, bahkan . Untuk mengatasinya, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah melalui suntikan dengan biaya berkisar ratusan ribu untuk sekali treatment.

“Keloid atau hypertrophic scars adalah kulit yang secara berlebihan pada bagian kulit yang telah sembuh dari luka,” papar dr. Dewi Anggraini Indra, M. Biomed (AAM), dilansir Jitunews.com. “Keloid ini biasanya muncul setelah luka sembuh. Biasanya, muncul pada semua bagian seperti dada, punggung, pundak, dan wajah. Namun, pada umumnya, jika keloid muncul karena bekas luka, maka pada area gerak tubuh akan paling banyak timbul keloid.”

Tidak hanya disebabkan oleh luka, dr. Dewi menambahkan, keloid juga berisiko besar pada yang telah melahirkan, terutama melahirkan melalui caesar. Keloid ini biasanya timbul sebagai bekas jahitan . Namun, tidak semua mengalami kondisi ini sehabis melakukan operasi. “Keloid bisa terjadi jika orang tersebut memiliki bakat kulit untuk menjadi keloid atau bisa karena jahitan bekas operasi yang tidak rata sehingga terjadi overlapping,” sambungnya.

Meskipun tidak berbahaya, namun keloid yang didiamkan akan membuat penderitanya menjadi tidak nyaman. Keloid dapat membesar dan menyebabkan gejala yang tidak menyenangkan, seperti gatal, sensitif, dan nyeri. Jika keloid yang terbentuk menutupi area sendi, hal ini bisa membatasi gerakan tubuh seseorang. Selain itu, bekas keloid yang didiamkan tidak akan sembuh atau hilang sendiri.

Untungnya, ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini. Salah satu yang jamak dilakukan adalah melakukan treatment suntik kortikosteroid. Suntikan ini biasanya diberikan secara rutin setiap tiga atau empat minggu sekali. Biaya untuk satu kali suntikan biasanya Rp150 ribu. Untuk bisa sembuh total, memerlukan lebih dari satu kali suntik, bahkan bisa sepuluh kali suntikan.

Loading...