Biaya Beragam, Sterilisasi Anjing Dinilai Dapat Meningkatkan Kesehatan Hewan

Ilustrasi: anak & anjing peliharaanIlustrasi: anak & anjing peliharaan

Pemilik peliharaan seperti kucing dan mungkin banyak yang bimbang, apakah harus melakukan sterilisasi pada kesayangan mereka itu atau tidak. Pasalnya, dengan melakukan proses steril otomatis -hewan jinak dan lucu itu sudah tak bisa lagi melakukan proses reproduksi. Meskipun bagi sebagian orang mungkin dianggap negatif, rupanya sterilisasi justru bisa menjadi langkah untuk mengontrol populasi dan juga menghindarkan tersebut dari penyakit. Biaya sterilisasi anjing dan kucing pun beragam, biasanya tergantung ras dan ukuran itu sendiri.

“Sterilisasi juga dapat meningkatkan kondisi seperti anjing dan kucing agar tidak menderita berbagai penyakit seperti kanker dan tumor serta mengurangi tingkat stres,” kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta, Sugeng Darmanto di Yogyakarta, seperti dilansir Antara.

Di beberapa kota biasanya ada banyak lembaga atau komunitas yang kerap memberikan subsidi sterilisasi murah atau bahkan sterilisasi gratis untuk anjing dan kucing. Di Magelang misalnya, beberapa bulan lalu mengadakan kegiatan Steril Subsidi untuk menekan populasi anjing dan kucing.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (Disperpa) Kota Magelang Eri Widyo Saptoko mengungkapkan, kegiatan tersebut rutin diadakan setiap tahunnya. Dalam acara itu pihaknya memberi diskon atau potongan biaya sterilisasi hingga 60% dari normal. Misalnya saja untuk harga sterilisasi kucing jantan normalnya sesuai Perda mencapai Rp500 ribu hingga Rp700 ribu, tetapi dalam kegiatan itu hanya ditarik Rp200 ribu.

Kemudian untuk kucing betina biaya normalnya Rp800 ribu sampai Rp1 juta, tetapi diskon menjadi Rp350 ribu. “Kalau untuk anjing umumnya biaya steril mencapai lebih dari Rp1 juta, namun dalam kegiatan steril subsidi ini pemilik hewan kesayangan hanya perlu merogoh kocek Rp500 ribu – Rp750 ribu saja,” bebernya.

Kegiatan serupa juga diadakan di Tangerang. Biaya yang dipatok rupanya lebih murah. Adapun biaya sterilisasi anjing jantan dengan bobot kurang dari 10 kg hanya Rp650 ribu, sedangkan untuk kebiri anjing dengan berat di atas 10 kg dikenai biaya tambahan Rp100 ribu.

Loading...