Dibutuhkan di Sektor Migas & Non-Migas, Segini Kisaran Biaya Sertifikasi Welder

Biaya Sertifikasi Welder - careertraining.ed2go.comBiaya Sertifikasi Welder - careertraining.ed2go.com

Tukang atau juru las mungkin selama ini dianggap sebagai sebuah yang sepele. Namun di bidang-bidang tertentu seperti dan gas (migas) atau non-migas, profesi sebagai welder dianggap sangat penting, bahkan perlu untuk bisa menjadi seorang welder . Bahkan biaya sertifikasi welder kabarnya cukup mahal.

Dari berbagai sumber, biaya untuk sertifikasinya saja pada shielded metal arc welding (SMAW) mencapai Rp4,75 juta, sedangkan untuk bidang non SMAW biayanya mencapai Rp5,75 juta. Sedangkan untuk training sekaligus sertifikasi bisa berkisar antara Rp14,5 juta hingga Rp22,5 juta, tergantung kelas atau yang diambil. Pasalnya, dalam sertifikasi welder biasanya terdiri dari beberapa kelas, seperti juru las kelas 1, kelas 2, atau kelas 3. Pembagian kelas itu didasarkan pada jenis-jenis pekerjaan yang boleh atau tidak boleh dilakukan.

Menurut Inspektur Ditjen Migas, Rinna Santi Sijabat, ada sejumlah kriteria supaya para peserta bisa dinyatakan lulus kualifikasi ahli las. Misalnya saja mereka harus memerhatikan yang dipakai saat melakukan pengelasan. “Benda hasil las nanti akan diuji melalui radiografi dan visual, akan dilakukan tidak rusak. Apakah benda yang digunakan cacat atau tidak. Inilah yang menentukan hasil kualifikasi,” kata Rinna, seperti dilansir Prokal.

Masa berlaku sertifikat welder sendiri kata Rinna mencapai 3 tahun di perusahaan tempat kerja. Setiap juru las diwajibkan secara rutin melakukan aktivitas pekerjaan selama kurun waktu tersebut. Apabila dalam waktu misalnya selama 3 bulan ternyata juru las tak melakukan aktivitas pengelasan, maka ia harus melakukan sertifikasi ulang.

Sertifikasi welder di Indonesia biasanya diterbitkan oleh LSP (lembaga sertifikasi profesi). LSP tersebut memiliki lisensi dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi). Dengan memiliki sertifikasi, sudah dapat dipastikan jika honor atau gaji yang didapatkan lebih tinggi dibandingkan tukang las yang tidak bersertifikat. Pendapatan welder dalam sekali melakukan pengelasan kabarnya berkisar antara Rp4 jutaan hingga Rp10 jutaan. Luar biasa sekali bukan? Tertarik menjadi welder profesional?

Loading...