Ingin Jadi Ahli Citarasa Kopi? Ini Biaya Sertifikasi Q Grader

Q Grader Kopi - www.hoteliermiddleeast.comQ Grader Kopi - www.hoteliermiddleeast.com

JAKARTA – Kopi telah menjadi salah satu yang disukai banyak orang. Kepopuleran kopi lantas membuat sebagai Q Grader dan R Grader semakin diminati. Ini adalah orang yang bertanggung jawab dalam menjalankan sistem penilaian terhadap kualitas dan citarasa kopi. Namun, untuk memperoleh Q Grader, yang dibutuhkan tidak kecil, bisa mencapai angka belasan juta .

“Seorang Q Grader sudah pasti mahir mencicipi karakter kopi,” tulis Coffeland dalam situs resminya. “Namun, untuk menjadi seorang Q Grader, membutuhkan proses yang panjang dan latihan yang tidak sebentar. Jadi, bukan karena bakat seseorang dari lahir yang punya indra pengecap yang peka.”

Menurut Adi Taroepratjeka, salah satu instruktur Q Grader pertama di , sejak tahun 2009 hingga 2016, hanya ada 100 orang Q Grader di Indonesia. Tingkat kelulusan di dalam negeri pun sangat sedikit, cuma 33 persen. Jadi, misalkan ada 24 peserta dalam satu kelas, maka jika ada enam orang yang lulus, itu sudah hasil yang bagus.

Memang, untuk menjadi seorang Q Grader tidak mudah. Peserta harus menjalani serangkaian tes selama sekitar enam hari. Kelas biasanya dimulai dari jam delapan pagi dan berakhir jam enam sore. Bahkan, tidak jarang kelas harus molor hingga jam sepuluh malam. Setidaknya, ada 22 item yang diujikan, dan harus lulus semua, termasuk kemampuan dasar dan cupping.

Selain ujian yang tidak mudah, biaya untuk mendapatkan sertifikasi Q Grader pun tidak bisa dikatakan murah. Di luar negeri, biaya ujian berkisar 2.000 dolar AS hingga 2.200 dolar AS. Sementara, untuk peserta di dalam negeri, biaya yang diperlukan bisa mencapai belasan juta rupiah. “Untuk memperoleh Q Grader, biayanya bisa mencapai Rp17 juta,” kata Aris Kadarisman, roaster dan trainer Indonesia Coffee Academy, dilansir Kontan.

Untuk memfasilitasi mereka yang ingin menjadi Q Grader andal, sudah banyak sekolah barista yang didirikan di berbagai kota. Caswell’s Coffee Lab yang berada di Jakarta Selatan misalnya, menyediakan kelas untuk Q Grader dengan biaya kursus sekitar Rp19 jutaan. Ada juga tempat lain seperti A Bunch of Caffeine Dealers atau Indonesian Coffee Academy.

Loading...