Bisa Dilakukan Secara Online, Berapa Biaya Sertifikasi PMP?

Ilustrasi: pertemuan bisnisIlustrasi: pertemuan bisnis

Untuk menjadi seorang project manager (PM) yang keahliannya diakui secara , maka membutuhkan khusus yang dinamakan PMP (Project Management Professional). Sertifikat ini dikeluarkan dan dikelola oleh PMI (Project Management Institute), sebuah badan nirlaba di Amerika Serikat yang fokus bergerak pada bidang project management. Biaya PMP sendiri dibedakan menjadi dua kategori, yakni untuk member dan non-member.

Adapun biaya sertifikasi PMP di Indonesia untuk member dipatok sebesar USD405 atau sekitar Rp5,7 jutaan, sedangkan untuk yang bukan member dikenai tarif USD555 atau seharga Rp7,9 jutaan. Sedangkan untuk pelatihan atau training PMP berkisar Rp8 jutaan. Hingga saat ini kabarnya di Indonesia sudah terdapat jumlah sekitar 600 pemilik sertifikat PMP dan akan terus bertambah dari tahun ke tahun.

Sertifikat PMP sendiri sudah diakui sebagai “gold standard” dalam bidang project management. Sejumlah badan pemerintah dunia, nasional maupun multi-nasional, hingga organisasi non-profit di sejumlah negara kabarnya lebih percaya untuk mempekerjakan project manager yang bersertifikat PMP. Pasalnya, hal ini menyangkut mereka dalam meningkatkan tingkat keberhasilan .

Nah, sejak adanya pandemi (Covid-19), pihak PMI pun menawarkan pada para profesional untuk mengikuti ujian PMP secara online dari rumah atau kantor mereka. Ujian PMP pun sekarang bergabung dengan 2 ujian sertifikasi PMI lain yang bisa diambil secara online, seperti ujian sertifikasi PMI Agile Certified Practitioner (PMI-ACP) dan Certified Associate in Project Management (CAPM).

“Dalam masa-masa yang tak pasti ini, kami bekerja dengan rajin untuk menyediakan sumber daya yang dibutuhkan oleh anggota dan kandidat sertifikasi untuk berinvestasi dalam pengembangan profesional mereka,” ungkap Michael DePrisco selaku wakil presiden pengalaman & solusi global di PMI, seperti dilansir Businesswire melalui Antara.

“Pengujian terprogram online untuk ujian PMP merupakan langkah penting dalam perjalanan itu. Ia selalu ada di masa depan kita, tetapi kita memprioritaskannya sekarang untuk memastikan keselamatan dan kesejahteraan masyarakat kita. Upaya ini, yang akan membawa dampak positif jangka panjang pada pengalaman pengujian PMI, tak akan mungkin terjadi tanpa keahlian dan kemitraan Pearson VUE,” sambungnya.

Loading...