Penting untuk Pejabat Bank, Segini Besaran Biaya Sertifikasi Manajemen Risiko

Ilustrasi: mengerjakan ujian sertifikasi (sumber: bayada.com)Ilustrasi: mengerjakan ujian sertifikasi (sumber: bayada.com)

adalah yang ditujukan bagi pengurus dan pejabat bank dengan tujuan meningkatkan kualitas perbankan Indonesia dan corporate governance. Di Indonesia setidaknya terdapat beberapa lembaga yang mengadakan sertifikasi , di antaranya BSMR (Badan Sertifikasi ) dan LSPP (Lembaga Sertifikasi Profesi Perbankan). sertifikasi bermacam-macam, tergantung tingkatannya.

“LSPP merupakan lembaga sertifikasi yang didirikan oleh Ikatan Bankir Indonesia (IBI), Perbanas, Himbara, Perbarindo, Asbanda, dan Asbisindo. Sedangkan, BSMR didirikan oleh Indonesian Risk Profesional Association (IRPA),” demikian seperti dikutip dari Kontan.

Sebagai , di BSMR struktur biaya uji kompetensi risiko untuk tingkat I dan II masing-masing dipatok Rp750 ribu, tingkat III Rp1 juta, tingkat IV Rp3 juta, dan tingkat V Rp4 juta. Besaran biaya tersebut sama antara peserta yang baru mengikuti ujian dan mengulang.

Sedangkan di LSPP ada beberapa model uji sertifikasi manajemen risiko, mulai dari yang termurah metode multiple choice dengan biaya antara Rp700 ribu hingga Rp1 jutaan (tingkat I-III) dan metode interview/wawancara dengan biaya antara Rp4 juta hingga Rp7,5 juta (tingkat I, II, IV, dan V). Kemudian untuk biaya refreshment public di Rp2,5 juta per orang, fully refreshment oleh bank Rp1,25 juta, atau semi fully refreshment oleh bank Rp1,75 juta per orang.

Tahapan atau pendaftaran sertifikasi manajemen risiko pun tidak terlalu sulit. Sebagai contoh, di LSPP calon peserta ujian tinggal mengisi dan menandatangani formulir, lalu melampirkan dokumen pendukung seperti fotokopi keputusan pengangkatan terakhir/surat ketenagakerjaan bagi peserta yang telah bekerja/CV, fotokopi bukti identitas diri, fotokopi sertifikat kompetensi level sebelumnya sesuai dengan bidang kompetensi yang akan diikuti dan telah diakui oleh pihak otoritas untuk peserta level 2 ke atas (kecuali yang ikut secara fast track), serta fotokopi sertifikat pelatihan yang berkaitan dengan bidang kompetensi yang diajukan (opsional).

Pendaftaran biasanya dapat dilakukan secara kolektif yang dikoordinir oleh person in charge (PIC) masing-masing bank, secara online di website resmi lembaga, atau secara individu dengan mengirim email ke pihak sekretariat. Biaya sertifikasi manajemen risiko tersebut dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu.

Loading...