Tingkatkan Kredibilitas Penyedia Layanan Cloud, Ini Biaya Sertifikasi AWS

Ilustrasi : Beberapa orang mengikuti ujian sertifikasiIlustrasi : Beberapa orang mengikuti ujian sertifikasi

JAKARTA – Bisa dibilang, sertifikasi masih menjadi salah satu tolok ukur dalam memutuskan apakah suatu perusahaan layak dipilih atau tidak, termasuk ketika akan memilih vendor cloud. Nah, untuk mereka yang bergerak dalam ini, salah satu sertifikasi yang bisa diikuti adalah AWS (Amazon Web Series) dengan biaya sekitar 300 AS plus 40 AS untuk ujian praktik.

“Selain validasi kemampuan teknis Anda, AWS Certification dapat membantu dalam meningkatkan keahlian Anda,” tulis AWS dalam situs resminya. “Setelah tersertifikasi AWS, Anda akan memenuhi syarat untuk memperoleh bentuk pengakuan yang membantu dalam menunjukkan pencapaian Anda dan untuk terus belajar.”

AWS sendiri memiliki beberapa sertifikasi yang dapat diikuti peserta. Praktisi Cloud Tersertifikasi AWS misalnya, menyediakan cara untuk menguji pengetahuan AWS Cloud dan menambah kredibilitas profesional bagi individu dengan latar belakang berbagai jenis cloud dan peran . Sementara, AWS Certified Developer menguji profisiensi dalam mengembangkan, menerapkan, dan debugging berbasis cloud menggunakan AWS.

Kemampuan yang divalidasi oleh sertifikasi antara lain mengimplementasikan dan mengelola pengiriman berkelanjutan dan metodologi pada AWS, mengimplementasikan dan mengotomatiskan kontrol keamanan, proses tata kelola, dan validasi kepatuhan, serta menjelaskan dan menerapkan pemantauan, metrik, dan logging pada AWS. Selain itu, mengimplementasikan yang tersedia dengan sangat baik, dapat diskalakan, dan dapat pulih secara mandiri pada platform AWS.

Karena ujian untuk mendapatkan AWS tidak mudah, ada banyak yang menyediakan semacam atau training. PT Softbless Solutions misalnya, mengadakan training AWS dengan biaya sebesar Rp4.500.000 (sudah termasuk PPN 10 persen) dengan peserta dibatasi hanya 10 orang. lain, ID Networkers, menyediakan training selama empat hari dengan biaya Rp2.500.000 per orang.

Sertifikasi AWS sendiri valid untuk waktu tiga tahun. Untuk mempertahankan status tersertifikasi AWS, pemilik diminta untuk secara rutin mendemonstrasikan keahlian mereka yang berkelanjutan melalui proses yang disebut sebagai sertifikasi ulang. Sertifikasi ulang membantu memperkuat nilai keseluruhan AWS Certification dan menunjukkan kepada pemberi pekerjaan bahwa kredensial pemilik mencakup pengetahuan, kemampuan, dan praktik terbaik AWS terbaru.

Loading...