Pilihan Kelas Beragam, Segini Kisaran Biaya Sekolah Musik YPM

Biaya Sekolah Musik YPMIlustrasi : Seseorang memainkan alat musik gitar

Mendalami ilmu dan keterampilan di bidang dengan masuk ke bergengsi mungkin menjadi impian bagi sebagian orang. Terlebih karena di kawasan Ibukota sudah banyak dibangun sekolah berkualitas yang menawarkan secara , misalnya seperti Sekolah Musik Yayasan Pendidikan Musik (YPM). Sekolah Musik YPM beragam, tergantung jenjang yang diambil.

Sekolah Musik YPM membuka siswa baru setiap tahun sekali pada bulan Februari-Maret. Namun khusus di tahun 2020 ini murid baru diperpanjang sampai tanggal 30 April 2020. Calon siswa yang tertarik untuk mendaftar di SM YPM dapat mengisi formulir secara .

Hingga kini SMYPM telah membuka cabang di dua lokasi, yakni di Manggarai dan Bintaro. Adapun musik yang dibuka meliputi piano, biola, gitar, flute, dan vokal. Biaya testing untuk tingkat Pra Elementary sampai dengan IV sekitar Rp250 ribu, sedangkan testing khusus (tingkat V ke atas) ditarik biaya Rp300 ribu.

Sementara itu, biaya pendaftaran murid baru tingkat Pra.El-IV adalah Rp875 ribu, tingkat V-VI Rp1,1 juta, tingkat Pra PK-PK 1 adalah Rp1,65 juta, dan tingkat PKg.4 biayanya sebesar Rp3,5 juta. Selain itu, siswa pun akan ditarik uang sekolah dengan nominal Rp525 untuk tingkat Pra El-II, tingkat III-IV sebesar Rp600 ribu, tingkat V-VI Rp650 ribu, tingkat Pra PK-PK.1 Rp750 ribu, dan tingkat PK.2-PKg.4 Rp900 ribu.

Di SM YPM menerapkan batasan untuk pendaftaran. Misalnya di bidang piano dan biola batas pendaftar antara 5-12 tahun, kelas gitar untuk umur 8-17 tahun, flute 11-20 tahun, vokal pria 18-30 tahun, dan vokal wanita 15-25 tahun.

Sekolah musik yang sudah berdiri sejak lama ini banyak disukai dan dinilai telah berkontribusi mencetak banyak orang yang ahli di bidang musik. “Pernah sekolah piano classic tahun 77 sd 81. Sekolah musik bagus dan sudah ada sejak dulu, sebelum sekolah musik menjamur seperti sekarang,” kata salah satu mantan muridnya bernama Winanto. “Sekolah musik dengan guru-guru yang sangat piawai. Mumpuni tenan. Lulusan sini laris manis sebagai guru musik,” sahut yang lain.

Loading...