Sediakan Kursus untuk Usia Mulai Anak-anak, Berapa Biaya Sekolah Musik Cantata?

Ilustrasi: belajar main alat musik (Tima Miros via pexels)Ilustrasi: belajar main alat musik (Tima Miros via pexels)

Selain kemampuan akademik, anak di dini juga sebaiknya mulai diarahkan untuk mengembangkan bakatnya di bidang non akademik seperti musik, seni, atau bahkan . Bagi yang memiliki ketertarikan di bidang musik pun tak perlu risau. Pasalnya, saat ini sudah banyak berdiri sekolah musik berkualitas yang menyediakan berbagai untuk anak-anak seperti Sekolah Musik Cantata Jakarta Utara. Sekolah musik yang berdiri sejak tahun 1991 silam ini menawarkan berbagai kelas dengan yang beragam.

“Kegiatan bermain musik dan gerak memiliki peran penting bagi pencapaian perkembangan anak yang optimal. Dengan kegiatan ini, anak dapat menyalurkan energi berlebih mereka, membangun keterampilan sosial dengan cara ikut berpartisipasi, memberikan ide dan membuat kesepakatan. Misalnya kesepakatan dalam kelompoknya tentang gerakan dan musik yang digunakan. Seni musik dan gerak mampu mengintegrasikan aspek fisik motorik, kognitif, bahasa, sosial dan emosional terstimulasi secara bersama,” demikian pentingnya bermain musik dan gerak bagi anak menurut modul pembelajaran jenjang PAUD dari Kemendikbud.

Nah, di Sekolah Musik Cantata (SMC) terdapat beberapa program seperti Classic (piano, flute, violin, cello, guitar, vocal, clarinet, trombone), Pop/Jazz (keyboard, organ, drum, piano, bass guitar, electric guitar, vocal, saxophone), Dance (ballet, modern dance, hip-hop), dan Music Theory.

Adapun untuk program Cantata CYM – Let The Music Speaks dikenai biaya mulai Rp6,6 jutaan hingga Rp27 jutaan untuk 3 term selama 9 bulan, tergantung dari usia peserta. Kemudian, untuk kursus balet berkisar mulai Rp248 ribu (Theory Class), kelas drum mulai Rp496 ribu, les keyboard mulai Rp496 ribu, modern dance mulai Rp447 ribu, smart piano the one Rp496 ribu, olah vokal Rp457 ribu, violin, Rp457 ribu, gitar Rp457 ribu, hingga kelas piano mulai Rp536 ribu. Biaya Sekolah Musik Cantata tersebut dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu.

SMC membagi kelas-kelasnya sesuai kelompok usia, yakni level Pre-Basic (Kiddy: Little Cantata, Little Musician, atau Little Ballerina), level Basic (grade initial s.d. 4), dan level Intermediate (grade 4 s.d. 8). Setiap jenis program (kecuali Music Theory) terbagi lagi ke dalam jurusan-jurusan yang lebih spesifik dengan jenis kelas dan durasinya masing-masing. Untuk mengetahui info lebih jelas seputar biaya atau kursus, para orang tua bisa langsung menghubungi pihak Sekolah Musik Cantata.

Loading...