Cegah Radang Gigi, Segini Kisaran Biaya Scalling Gigi Anjing & Kucing

Pemeriksaan Kesehatan Binatang di Dokter HewanPemeriksaan Kesehatan Binatang di Dokter Hewan

Pemilik hewan seperti dan selama ini lebih sering memerhatikan kesehatan bulu binatang kesayangan mereka dengan rutin melakukan grooming di pet shop. Masih belum banyak pemilik yang sadar akan pentingnya melakukan dental care pada dan kucing. Rupanya, seperti halnya manusia, ternyata dan kucing kita juga perlu dirawat kesehatan giginya dengan melakukan scalling. Scaling gigi anjing dan kucing ini dikenai yang variatif, tergantung di mana melakukannya.

Sebagai , di salah satu petshop yang terletak di Alam Sutera, Tangerang, sekali scalling untuk anjing kecil dikenakan Rp1 juta, sedangkan untuk anjing berukuran sedang tarif scaling sekitar Rp2 juta. Kemudian, untuk scaling gigi kucing di kawasan Pluit beberapa waktu lalu dikenai biaya sekitar Rp1,5 juta. Namun demikian, ada juga klinik atau pet shop lain yang memasang biaya lebih murah, sekitar Rp300 ribu sampai Rp700 ribuan, tergantung tingkat keparahan dan berat badan hewan peliharaan.

Menurut dokter hewan drh. Angela Maharani, scalling pada binatang peliharaan seperti kucing dan anjing perlu dilakukan ketika mereka berusia di atas 3 tahun. “Alasannya karena biasanya beragam makanan yang dimakan, asam lemaknya itu meninggalkan karang gigi. Dan kalau tidak dibersihkan akan menyebabkan radang gusi. Baiknya, setelah tiga tahun ke atas periksakan ke dokter sudah perlu di-scalling atau belum,” kata drh Angela, seperti dilansir Brillio.

Selain itu, kesehatan gigi pada kucing dan anjing juga tergantung dari dan makanan yang mereka sehari-hari. Angela menyarankan agar pemilik kucing sebaiknya tidak memberikan makanan berupa tulang pada kucing peliharaannya, karena akan berdampak buruk pada gigi kucing.

“Kalau dia (kucing) masih makan cat food masih nggak apa-apa, karena mereka udah merancang untuk kucing, kesehatan, kekuatan, dan lain-lain. Yang jadi masalah adalah ketika kita beri makan makanan kucing di luar dari cat food kaya tulang dan lain-lain, gak proper untuk mereka dari kekerasan dan segala macam,” tandas drh Angela.

Loading...