Biaya Sampai Jutaan Rupiah, Apakah Operasi Pengangkatan Lipoma Ditanggung BPJS?

Lipoma - pointfromview.blogspot.co.idLipoma - pointfromview.blogspot.co.id

Beberapa orang mungkin sudah tahu atau ada yang masih asing dengan lipoma. Lipoma adalah benjolan pada tubuh yang disebabkan karena timbunan di antara lapisan otot dan . Meski tidak terasa ketika ditekan dan tak terlalu berbahaya, kemunculan lipoma dianggap dapat mengganggu penampilan. Lipoma biasanya dapat muncul di bagian ketiak, lengan atas, dahi, paha atas, punggung, serta area tubuh lainnya. Oleh sebab itu beberapa orang biasanya memutuskan untuk melakukan pengangkatan lipoma demi menghilangkan benjolan ini selamanya. Biaya yang dibutuhkan untuk lipoma juga bervariasi, sekitar Rp 1-9 jutaan, atau bahkan lebih.

Dalam operasi lipoma, umumnya akan melaksanakan operasi kecil dengan menyayat di kulit bagian atas supaya lipoma dan sel-sel lemak yang menumpuk bisa keluar. Selain operasi bedah, liposuction juga kerap menjadi pilihan bagi mereka penderita lipoma. Kisaran biaya operasi pengangkatan lipoma tersebut masih belum termasuk dengan biaya rawat inap, -obatan, dan sebagainya.

Akan tetapi, sebelum menjalani operasi lipoma, ada baiknya pasien memeriksakan diri terlebih dahulu ke dokter. Pasalnya selama ini banyak yang salah mengartikan lipoma sebagai limfoma, demikian pula sebaliknya. Meski sekilas namanya terdengar mirip, namun kedua ini sangat berbeda dan bisa berakibat fatal apabila penanganannya salah.

Limfoma adalah kanker yang berasal dari kelenjar getah bening, sedangkan lipoma hanya tumor jinak dari sel lemak. “Hati-hati, jangan sampai terbalik. Jauh berbeda pengobatannya. Lipoma semua bisa kena. Limfoma, usia-usia pertengahan, 40 tahunan,” kata Bedah Onkologi, Sonar Soni Panigoro Sp.Bonk, Msc, seperti dilansir Liputan 6.

Menurut Sonar, penanganan yang salah terhadap kedua penyakit tersebut bisa sangat berisiko, apalagi bagi mereka yang menderita kanker limfoma. “Kalau lipoma dianggap limfoma, treatment yang didapat akan berbeda. Padahal (lipoma) tinggal dioperasi, selesai. Tapi yang bahaya jika limfoma dianggap Lipoma, harusnya dikemo dan diradiasi, malah tidak diapa-apakan,” tandas Sonar.

Selain menggunakan biaya pribadi, operasi pengangkatan lipoma ternyata juga bisa dilakukan dengan mengandalkan BPJS. Salah satu pasien bernama Gilang Aji Wibowo yang belum lama ini melakukan operasi pengangkatan lipoma di punggung mengaku tak mengeluarkan biaya sepeser pun karena semua biaya telah ditanggung BPJS . “Dicover BPJS 100% dengan obat-obatnya juga, jadi di kita gratis,” kata Gilang di blog pribadinya.

Loading...