Biaya Sama dengan Orang Dewasa, Ini Prosedur Umroh Untuk Anak Usia 3 Tahun

Biaya, umroh, untuk, anak, usia, 3, tahun, 2, dewasa, orang tua, travel, biro, prosedur, paspor, ibadah, haji, membawa, balita, diskon, jemaah, umrahSeorang anak mengikuti orang tuanya umrah ke Tanah Suci (sumber: urbanasian.com)

Ibadah dan merupakan salah satu hal yang menjadi dambaan setiap , terutama di Indonesia. Ibadah tersebut biasanya dibebankan untuk yang mampu saja. Banyaknya peminat ibadah ke Tanah Suci tersebut juga terkadang dapat membuat orang melupakan kenyamanan, kualitas, dan kepercayaan dikarenakan tergiur dengan harga yang murah.

Bagi jemaah yang hendak merencanakan ibadah umroh ke tanah suci, khususnya yang berkaitan dengan perencanaan biaya umrah, jemaah bisa menyesuaikan umroh dengan memilih pilihan paket umroh dari suatu travel dengan mempertimbangkan dan menyesuaikan tiga hal, yakni waktu, biaya, dan cuaca.

Paket umroh akhir atau bulan Desember biasanya juga banyak dicari oleh jemaah. Pasalnya, bersamaan dengan liburan sekolah, sehingga -anak juga dapat diajak sebagai edukasi. Bulan Desember juga biasanya digunakan oleh para pekerja untuk mengambil cuti akhir . Umroh pada bulan ini biasanya juga cocok untuk Anda yang ingin melakukan renungan Tafakur dan Muhasabah akhir di Tanah Suci.

Biaya umroh bersama balita dan orang dewasa tentu beda. Biaya untuk anak tergantung usianya dan kebutuhannya. Untuk anak 0-2 tahun, biasanya dibanderol dengan harga lebih murah, karena jatah di pesawat masih dipangku dan tempat tidur hotelnya juga non-bed (masih sharing bed dengan orangtua). Ada beberapa biro travel umroh yang mengenakan diskon sebesar 5 – 15% dari biaya umroh yang dikeluarkan untuk anak yang berusia antara 0 – 24 bulan (2 tahun).

Ada juga skema diskon lain tergantung dari masing-masing biro umroh tersebut. Biasanya besarnya diskon ini merupakan variabel dari diskon di penerbangan dan hotel untuk anak-anak. Namun berdasarkan pengalaman salah seorang jemaah yang turut serta membawa anaknya yang berusia 2 tahun untuk beribadah umroh, dikenai biaya sebesar 1200USD atau setara dengan Rp17 jutaan.

“Umrah bersama SafariQu, Malika dikenakan biaya 1200 USD (pesawat tanpa kursi, hotel bintang 3 non-bed). Sudah pasrah juga awalnya, bakalan keram 9 jam mangku Malika (11kg) di pesawat. Alhamdulillah, Malika, dapat kursi sendiri di pesawat. Anak nyaman, ummi tenang deh,” ucapnya.

Sementara untuk anak yang sudah besar atau lebih dari 3 tahun, tentu butuh kursi di pesawat, dan juga tempat tidur di hotel. Oleh sebab itu dikenakan biaya sama dengan biaya umroh orang dewasa, yakni mulai Rp20 jutaan sesuai dengan ketentuan Republik Indonesia. Hanya saja, travel biasanya berbeda-beda menetapkan harga umroh bagi anak. Jadi calon jemaah bisa melakukan survei beberapa travel sebelumnya.

Seperti halnya orang tua yang hendak pergi umroh, maka beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk si kecil adalah paspor. Ketentuan terbaru, anak-anak harus memiliki paspor, prosedurnya hampir sama dengan pengurusan paspor bagi orang tua. Hanya saja karena masih anak-anak dan tidak memiliki KTP, maka dokumen yang harus digunakan adalah akta kelahirannya, KTP orang tua, dan Kartu (KK). nama di paspor anak dengan 3 suku kata tetap berlaku.

Sebelum berangkat, pastikan anak-anak mendapatkan vaksinasi meningitis. Namun vaksin ini tidak wajib bagi anak yang berusia di bawah 2 tahun. Persiapkan pula untuk membawa obat-obatan yang diperlukan untuk sakit ringan. Misalnya minyak angin, obat panas, batuk, termometer, dan sebagainya. Bila perlu bawa pula vitamin dan suplemen.

Loading...