Biaya Rp 45 Jutaan, Ziarah Ke Lourdes Jadi Wisata Rohani Favorit Jelang Akhir Tahun

Lourdes - www.lourdes-roissy.comLourdes - www.lourdes-roissy.com

Sebagai umat nasrani rasanya masih belum lengkap jika belum melakukan spiritual ke sejumlah tempat-tempat religius seperti Vatikan hingga ke Lourdes. Ketika AS sedang murah, biasanya umat Indonesia akan memanfaatkan momentum tersebut untuk berlibur sekaligus ziarah rohani ke Eropa. Pasalnya jika sedang mahal, maka biaya yang mereka keluarkan untuk ke Lourdes atau tempat-tempat bersejarah di Roma, Prancis, atau wilayah lainnya akan lebih murah.

Saat menjelang perayaan pada Desember 2017 mendatang, biasanya para traveller akan rajin berburu maupun hotel murah sejak saat ini. Melakukan booking sejak jauh-jauh hari diyakini bisa semakin memperbesar kesempatan untuk mendapatkan atau biaya tour dengan yang lebih murah.

“Kami pernah ke Eropa, tetapi kembali lagi untuk merayakan Natal di Vatikan. Mumpung dollar murah. Bisa menghemat lebih banyak rupiah,” kata salah seorang wisatawan bernama Hossan Hanif, seperti dilansir Kompas.

Biaya ziarah ke Lourdes sebenarnya cukup bervariasi, tergantung pihak penyelenggara perjalanan (travel agent), kurs yang berlaku, lama perjalanan, dan fasilitas yang didapatkan. Sebagai contoh, di Nazaret Holyland Travel Agent paket ziarah Lourdes selama 12 hari 9 malam mulai tanggal 10-21 Oktober 2017 ditawarkan dengan tarif $ 3390 atau sekitar Rp 45,6 jutaan jika dirupiahkan. Paket tour Lourdes & Vatikan tersebut sudah termasuk mengunjungi Roma, Vatikan, Pisa, Assisi Nice, Monaco, Lourdes, Nevers, dan Paris.

Kemudian di agen Ritz Tour, biaya tur ke Lourdes selama 10 hari dikenai USD 3498 atau sekitar Rp 47 jutaan. Paket tersebut sudah termasuk jasa visa, airport tax , asuransi penerbangan, fuel surcharge, hingga travel insurance. Untuk peserta berusia di atas 65 tahun akan dikenai biaya tambahan asuransi sebesar USD 20 atau sekitar Rp 270 ribu.

Menurut biro perjalanan wisata Antratour, paket berlibur dan berziarah ke luar negeri biasanya akan laris manis pada akhir tahun. Setiap tahunnya terdapat sekitar 14.000 umat nasrani asal Indonesia yang melakukan ziarah ke luar negeri. Selain luar negeri, ziarah juga bisa dilakukan di sejumlah tempat di Indonesia seperti Biara Lembah Karmel, Cikanyere, Cianjur, Jawa Barat hingga ke Gua Maria Lourdes Puhsarang, Kediri, Jawa Timur.

Loading...