Deteksi Dini Gangguan Dada, Berapa Biaya Rontgen Paru-Paru?

JAKARTA – adalah salah satu yang kerap dilakukan untuk menunjang diagnosis yang melibatkan dinding thorax atau dada, tulang dada, serta struktur yang ada di dalamnya, termasuk paru-paru dan jantung. Ini berguna untuk mendeteksi apakah seseorang terkena penyakit, seperti gangguan pernapasan atau bahkan paru-paru. rontgen ini sendiri bervariasi, namun berada di angka mulai Rp100 ribuan.

“Foto thorax biasanya dilakukan untuk melihat kelainan pada jantung, diafragma, dinding thorax, dan paru-paru,” jelas situs resmi RS Islam Yogyakarta PDHI. “Pemeriksaan paru tanpa pemeriksaan rontgen, dapat dianggap tidak lengkap. Suatu penyakit paru belum dapat disingkirkan dengan pasti sebelum dilakukan pemeriksaan radiologik. Selain itu, berbagai kelainan dini dalam paru juga sudah dapat dilihat dengan jelas pada foto rontgen sebelum timbul gejala-gejala klinis.”

Salah satu penyakit yang dapat dideteksi menggunakan rontgen ini adalah kanker paru. Biasanya, akan lebih dulu melakukan pemeriksaan melalui foto rontgen, CT scan atau MRI, dan biopsi jaringan paru untuk menentukan jenis dan stadium kanker. “Jadi, yang perlu diketahui pasien adalah apa jenis kanker parunya, stadium berapa, penanda molekularnya, dan kondisi umum pasien,” jelas dr. Andika Chandra Putra, Sp.P, spesialis paru, dikutip Kompas.

Menurutnya, ada banyak penyebab kanker paru, namun utamanya dialami oleh orang yang memiliki kebiasaan merokok. Baik perokok aktif maupun pasif, memiliki risiko yang sama mengalami kanker paru. Penyebab lainnya adalah polusi udara, paparan zat kimia di lingkungan kerja, menghirup serat asbes, radiasi, serta faktor genetik atau keturunan.

Jika masyarakat hendak memeriksakan kondisi dada dan paru mereka, saat ini sudah banyak , , maupun yang menyediakan rontgen thorax. Biaya bervariasi, tergantung kebijakan masing-masing penyedia . Di RS Al Islam Bandung misalnya, biaya sekitar Rp137.500, sedangkan biaya di RS Dinda Tangerang sekitar Rp120 ribuan. Ada pula yang mematok biaya lebih mahal seperti di Siloam Hospitals yang berkisar Rp200 ribu sampai Rp300 ribuan, namun ada pula yang mematok di bawahnya, mulai Rp90 ribuan.

Loading...