Syarat Wajib Buku Pelaut, Segini Biaya Revalidasi BST

Ilustrasi: pelautIlustrasi: pelaut

JAKARTA – Bagi mereka yang sudah lulus sekolah dan hendak berlayar, memang diwajibkan untuk memiliki buku . Namun, untuk bisa mendapatkan buku tersebut, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi, salah satunya mempunyai BST atau Basic Safety Training. Jika kebetulan sudah memiliki dan ingin melakukan revalidasi, yang dibutuhkan mulai Rp300 ribuan.

Dilansir dari situs resmi Departemen Perhubungan, merujuk Peraturan Menteri Perhubungan No, 30 tahun 2008 Pasal 4 ayat 2, 3, dan 4, salah satu syarat wajib untuk membuat buku pelaut adalah sertifikat BST yang masih berlaku (valid). Ini adalah sertifikat dasar bagi pelaut pemula, karena untuk menjadi seorang pelaut, selain mental dan jiwa yang kuat, juga perlu dan pendidikan yang mumpuni.

“Sertifikat ini berisi tentang pelatihan dasar keselamatan dan pelatihan dalam mencegah suatu musibah yang tidak diinginkan baik itu di darat maupun di laut,” papar World Cruiser Academy dalam situs resmi mereka. “Syarat BST antara lain e-KTP, ijazah minimal SMP atau sederajat, akte kelahiran, Kartu Keluarga, surat keterangan sehat, SKCK, dan pasfoto berwarna dan hitam putih 3 x 4.”

Biaya untuk pembuatan BST di tiap tempat bisa berbeda-beda. Calon pelaut biasanya diharuskan mengeluarkan dana sekitar Rp1,25 juta hingga Rp1,5 jutaan. Anda bisa mendaftarkan diri di badan diklat atau sekolah pelayaran yang mengadakan pelatihan. Namun, dalam beberapa kesempatan, pemerintah juga mengundang calon peserta BST untuk mengikuti diklat secara gratis.

Di kawasan Selayar misalnya, kegiatan ini sudah dilakukan beberapa kali oleh Kabupaten Kepulauan Selayar. Pada Februari 2020 kemarin misalnya, bekerja sama dengan Politeknik Pelayaran Makassar, mereka mengadakan pendidikan dan pelatihan BST dan Surat Kecakapan Kepelautan 60 Mil secara gratis untuk masyarakat umum.

BST sendiri memiliki masa berlaku lima tahun. Jika sudah habis, dapat diperpanjang kembali dengan melakukan revalidasi. Biaya untuk kebutuhan ini jauh lebih terjangkau dari biaya pembuatan awal. Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta misalnya, mematok biaya Rp350 ribu untuk revalidasi BST, sedangkan biaya di Bina Sena Training Center berkisar Rp400 ribuan per sertifikat.

Loading...