Digunakan Sebagai Perbaikan Data Bea Cukai, Apakah Redress Manifest Dikenai Biaya?

Keberangkatan Sarana Pengangkutan Barang - www.liputan6.comKeberangkatan Sarana Pengangkutan Barang - www.liputan6.com

Dalam kegiatan operasional Bea Cukai, dikenal juga redress inward/outward manifest. Redress sendiri merupakan perbaikan BC 1.1 atau perbaikan yang dilakukan terhadap kesalahan pada BC 1.1 yang telah dilaporkan pada saat kedatangan atau keberangkatan sarana pengangkut. Adapun perbaikan BC 1.1. atau redress inward manifest yang tidak membutuhkan penelitian mendalam oleh unit pengawasan (P2) tidak dipungut , alias .

Adapun redress dilakukan dalam beberapa hal, seperti terdapat kesalahan mengenai nomor, , ukuran dan kemasan dan/atau peti kemas, kesalahan mengenai jumlah kemasan dan/atau peti kemas serta jumlah curah, terdapat kesalahan nama consignee dan/atau notify party pada manifes, diperlukan penggabungan beberapa pos menjadi satu pos, hingga terdapat kesalahan data lainnya atau perubahan pos manifes.

Perbaikan data BC 1.1 ini diperlukan karena data yang telah masuk ke dalam sistem Bea dan Cukai akan menjadi acuan bagi petugas Bea dan Cukai dalam pengeluaran barang . Sejak tahun 2019 lalu, pihak Bea Cukai juga telah meluncurkan Manifes Generasi lll untuk mempermudah kelancaran arus barang di Indonesia.

Menurut Direktur Jenderal Bea Cukai, Heru Pambudi, Manifes Generasi III bisa membuat waktu bongkar muat barang (dwelling time), khususnya pre-clearance di pelabuhan menjadi lebih cepat. Demikian pula dengan proses clearance di bandara. “Terjadi penurunan pre-clearance di pelabuhan sebesar 0.81 hari atau 19,69 persen setelah mandatori sistem Manifest Generasi III. Manfaat Iainnya yang juga dirasakan adalah percepatan proses clearance di bandara,” ujar Heru, seperti dilansir Liputan6.

Manifes Generasi III berhasil menghilangkan proses perincian pos manifes yang selama ini mencapai 11.500 proses per bulan. Hal tersebut mengakibatkan proses clearance berkurang cukup signifikan sebesar 2-8 jam atau sekitar 80 persen dari sebelumnya, serta mengurangi biaya, dan beban administrasi.

Selain itu, dengan implementasi Manifes Generasi III diklaim mengurangi proses redress manifest. Pada awal masa pemberlakuan sistem self-correction redress manifest pada sistem Manifes Generasi III, proses redress berkurang sebesar 22,75 persen dari yang selama ini rata-rata mencapai 550 permohonan per bulan.

Loading...