Dibebankan ke Rekening Nasabah, Berapa Biaya Potongan Bank BNI?

Buku tabungan nasabah Bank BNIIlustrasi : Buku tabungan nasabah Bank BNI - www.infoperbankan.com

JAKARTA – Dulu, menabung di , selain lebih aman, juga disebut-sebut mampu mendatangkan banyak keuntungan bagi nasabah. Sayangnya, semakin hari, banyak nasabah yang mengeluhkan mereka terus terpotong yang ditarik secara bulanan. Tidak hanya -bank swasta, milik negara seperti BNI pun juga menerapkan kebijakan tersebut untuk sejumlah produk tabungan mereka.

Melansir dari situs resminya, untuk tabungan BNI Taplus misalnya, bank mengenakan biaya administrasi sebesar Rp11.000 per bulan dan biaya administrasi kartu sebesar maksimal Rp10.000. Bahkan, jika saldo nasabah berada di batas minimum Rp150.000, akan dikenakan denda Rp5.000. BNI Taplus Muda pun tidak luput dari potongan bulanan meski jumlah lebih kecil, yakni Rp5.000 per bulan.

Untuk para pebisnis yang membuka di BNI Taplus Bisnis, akan dikenakan potongan sebesar Rp10.000 per bulan untuk biaya administrasi pengelolaan , dan biayanya akan membengkak menjadi Rp20.000 jika saldo di bawah batas minimal. Mungkin, yang tidak dikenakan potongan biaya bulanan adalah BNI Tapenas, BNI Taplus Anak, dan BNI SimPel.

Menurut Direktur Keuangan , Haru Koesmahargyo, dilansir Tirto, semakin sederhana fitur , maka semakin kecil atau murah biaya administrasinya. Begitu juga sebaliknya, semakin canggih yang diberikan, maka biaya administrasi yang dikenakan juga akan semakin besar. “Di samping itu, rata-rata saldo juga menjadi pertimbangan perhitungan,” kata Haru.

Sementara itu, Direktur , Santoso Liem, mengungkapkan bahwa setiap kali nasabah datang dan melakukan di kantor cabang bank, sejatinya perbankan mengeluarkan biaya sekitar lebih dari Rp40.000. Ini karena, untuk membuat satu perbankan, pihak bank membutuhkan investasi utama teknologi informasi atau IT, yang saat ini sayangnya masih menggunakan standar kurs .

Untuk meringankan beban nasabah, tidak sedikit bank yang berinovasi dengan membebaskan biaya administrasi alias gratis. BNI pada November 2019 kemarin bekerja sama dengan 13 lembaga keuangan non-perbankan di Kabupaten Wonosobo. Berbagai manfaat dan kemudahan bisa didapatkan melalui program Solusi Rekening Kerjasama (RKS) ini. Di antaranya, setiap transaksi yang dilakukan oleh nasabah tidak dikenakan biaya administrasi alias gratis.

“Melalui rekening kerja sama itu nantinya, berbagai kemudahan fasilitas yang ada bisa didapatkan, mereka akan diberi kartu , bisa bertransaksi di mobil banking, dan sebagainya,” jelas Pimpinan PT Bank BNI cabang Wonosobo, Yusuf Kurniawan. “Mereka juga masih bisa memonitor pergerakan, memonitor saldo melalui bank, sehingga neraca tetap seimbang.”

Loading...