Fokus Membina Santri Gangguan Mental, Segini Biaya Pondok Pesantren Az Zainy

Pondok Pesantren Az Zainy - (YouTube: Ryu dan Alfi)Pondok Pesantren Az Zainy - (YouTube: Ryu dan Alfi)

Orang-orang yang menderita gangguan mental atau mengalami kegilaan sering kali tidak memperoleh bantuan yang tepat dari sekelilingnya. Berangkat dari hal tersebut, KH. Zain Baik mendirikan dan Rehabilitasi Mental Az-Zainy di Dusun Bangilan, Desa Pandanajeng, Kecamatan Tumpang sejak tahun 2001 silam. Menariknya, ponpes yang membina gila atau yang terjerat ini mematok yang bisa dibilang relatif terjangkau dibandingkan bila hidup di luar ponpes.

Pimpinan Ponpes Az Zainy, KH. Zain Baik menjelaskan jika ia mendirikan pondok pesantren itu karena merasa tergerak untuk memberi perhatian lebih terhadap orang-orang yang mengalami keterbelakangan mental. Terlebih karena ponpes pada umumnya berupa majelis, baik ibtidaiyah, diniyah, maupun aliyah yang dikhususkan bagi orang-orang waras.

“Awalnya karena ter-support, termotivasi, karena tidak ada yang mengurus. Mana ada pesantren yang ngurus orang terbelakang mental. Pesantren itu kan ada dua, ada kiai ada santri, ada yang mengajar dan ada yang diajar,” jelas pria yang akrab disapa Gus Zain tersebut, seperti dilansir Merdeka.

Seperti pondok pesantren pada umumnya, para santri di Pondok Pesantren Az Zainy juga mempunyai kegiatan rutin yang harus diikuti, mulai dari , , makan, salat, , hingga konseling. “Jadi, habis bangun pagi itu olahraga, mandi, konseling, habis itu salat berjamaah. Habis itu baru ngaji, habis isya itu. Bisa, buktinya mereka bisa. Lebih gampang mereka, ketimbang yang waras,” papar Gus Zain.

Para santri yang gila tersebut bahkan terlihat benar-benar dimuliakan selama berada di Pondok Pesantren Az Zainy. Selain tinggal di gedung yang megah dan bersih, mereka juga memperoleh ekstra dari pengurus pesantren. “Bahkan, mandi pun memakai shower. Sebab, kalau memakai bak mandi, mereka pasti kum-kum (berendam),” jelas Gus Zain.

Urusan biaya selama di ponpes pun kabarnya cukup terjangkau. “Untuk biaya di pondok ini menerapkan biaya kurang lebih satu juta untuk keperluan makan dan lain sebagainya,” kata Samsun Subagyo, bendahara Pondok Pesantren Az Zainy beberapa tahun lalu.

Loading...