Harus Ditulis dengan Benar, Berapa Biaya Perbaikan Akta Kelahiran?

Akta Kelahiran - www.cermati.comAkta Kelahiran - www.cermati.com

kependudukan seperti akte maupun (Kartu Tanda Penduduk) memang sangat penting. Oleh sebab itu, penulisan harus dilakukan secara benar dan lengkap. Namun sayangnya, terkadang ada kesalahan-kesalahan kecil yang membuat Anda terpaksa harus melakukan perbaikan pada kependudukan tersebut. Lantas, berapa kira-kira yang dibutuhkan untuk perbaikan akta kelahiran?

Menurut Plt. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Madiun Asmawi, perbaikan nama dengan kesalahan ringan sebenarnya bisa dilakukan di Dispendukcapil. Kesalahan ringan yang dimaksud berupa salah satu huruf atau tanda baca, buka mengubah hingga berbeda sama sekali dari nama sebelumnya. Pemohon cukup membawa dokumen-dokumen kependudukan yang dimiliki serta mengisi pertanggungjawaban mutlak (SPTJM).

“Tidak perlu langsung ke . Misalnya, jika kesalahannya hanya satu huruf seperti Rizky menjadi Rizki,” kata Asmawi, seperti dilansir Madiuntoday. Setelah pemohon melampirkan dokumen kependudukan dan mengisi SPTJM, maka petugas Dispendukcapil akan menimbang dan menetapkan nama sesuai acuan. Dengan demikian, di kemudian hari nama yang digunakan adalah sesuai acuan tersebut.

Tetapi, apabila nama yang diajukan untuk diubah cukup banyak, tetap wajib melalui putusan pengadilan. Kemudian, surat dari pengadilan akan menjadi acuan bagi Dispendukcapil untuk membuat dokumen kependudukan sesuai dengan nama yang tercantum. “Mengingat pentingnya kegunaan dokumen kependudukan, sebaiknya diperiksa terlebih dahulu dengan teliti. Serta, segera melaporkan jika terjadi kesalahan,” paparnya.

Nah, sedangkan untuk perbaikan akta kelahiran yang kesalahannya cukup banyak, diharuskan untuk mengajukan ke pengadilan negeri. yang diperlukan untuk pengajuan permohonan perbaikan akte lahir antara lain, permohonan yang tersedia di masing-masing pengadilan negeri, fotokopi KTP pemohon (untuk usia 18 tahun) atau KTP kedua orang tua apabila pemohon di bawah umur, fotokopi akta nikah, fotokopi KK, fotokopi akta kelahiran, softcopy permohonan yang disimpan dalam CDR atau storage lainnya, fotokopi ijazah/Surat Kenal Lahir dari desa untuk pemohon di bawah umur, serta fotokopi KTP 2 orang saksi (dibawa saat akan sidang).

Berdasarkan informasi yang tertera di SIPP Kemenpan RB, perbaikan akta kelahiran ini kabarnya tidak dipungut biaya, alias gratis. Proses penyelesaian perubahan data pada akta kelahiran dilakukan dalam waktu 7-14 hari kerja (maksimal 14 hari kerja) dan nantinya pemohon akan dikonfirmasi lewat WhatsApp atau SMS.

Loading...