Berikan Gambaran Janin Lebih Detail, Berapa Biaya USG 4D di RS Hermina?

Ilustrasi : Ibu hamil melihat janin dengan USG 4G - www.alodokter.com

Saat , para calon orang tua biasanya tak sabar untuk mengetahui kondisi janin dalam kandungan sang ibu dengan melakukan pemeriksaan Ultrasonography (USG). Jenis pemeriksaan kehamilan yang ini juga ada bermacam-macam, mulai dari USG 2D, USG 3D, USG 4D, hingga transvaginal USG. Dibanding USG 2 dan 3 dimensi, USG 4 dimensi memang membutuhkan lebih mahal. Namun setidaknya ada beberapa yang menyediakan USG 4D, misalnya di RS Hermina.

Menurut pengalaman beberapa , biaya USG 4D di Hermina berkisar mulai Rp1 jutaan. Padahal untuk USG 2D atau 3D biasanya hanya berkisar beberapa ratus ribu . Cukup mahal memang. Namun bagi calon orang tua yang masih baru, pemeriksaan seperti USG 4D dianggap begitu melegakan. Pasalnya, dengan USG 4D mereka bisa memperoleh gambaran secara lebih detail seperti apa gerak dan wajah mereka dalam kandungan.

Dokter spesialis obstetri & ginekologi ZAP, dr. Rinto Riantori, Sp.OG mengungkapkan, USG penting dilakukan untuk mengetahui berbagai hal seputar kehamilan. Misalnya saja memastikan kehamilan dan lokasi janin, menentukan usia kehamilan, mengetahui jumlah janin dalam kandungan, sampai mendeteksi kehamilan ektopik atau kehamilan di luar rahim.

“USG juga mengidentifikasi cacat lahir pada janin, mengevaluasi pertumbuhan janin, memantau pergerakan dan denyut jantung janin, hingga mengevaluasi kondisi plasenta dan cairan ketuban,” ujar dr Rinto, seperti dilansir Indozone.

Lebih lanjut dr Rinto menuturkan, USG 2D adalah pencitraan utama dalam memeriksa kandungan dan mendiagnosis kelainan pada janin. Walaupun hanya menghasilkan pencitraan hitam putih, USG 2D memungkinkan dokter untuk mendeteksi bayi, banyaknya air ketuban, hingga kelainan fisik pada bayi.

Tetapi, apabila terdapat kecurigaan kelainan fisik pada janin, maka ibu hamil akan disarankan untuk melakukan USG 4D. Dalam pemeriksaan tersebut visualisasi yang ditampilkan lebih jelas. Pertumbuhan bayi bisa disaksikan secara lebih detail, seperti bentuk wajah, tangan, kaki, dan juga organ-organ tubuh lainnya. Meskipun khusus untuk indikasi , saat ini juga banyak orang tua yang melakukan USG 4D tanpa adanya indikasi .

Loading...