Dihitung per Panel, Segini Kisaran Biaya Perbaikan Mobil Lecet

Biaya Perbaikan Mobil - www.r2rc.euBiaya Perbaikan Mobil - www.r2rc.eu

Para pemilik tentunya akan khawatir mobilnya lecet, baret, atau bahkan penyok saat sedang berkendara di jalanan. Kekhawatiran utama tak jauh dari yang harus dikeluarkan untuk mengembalikan bentuk atau tampilan mobil seperti sedia kala. Namun tak perlu resah, pasalnya kini sudah banyak yang menawarkan bersaing untuk perbaikan mobil lecet.

Sebagai gambaran, biaya pengecatan mobil di bengkel body repair non resmi menggunakan jenis polyurethane per panel berkisar antara Rp300 ribu hingga Rp450 ribuan, untuk kap dan bagasi antara Rp400 ribu sampai Rp600 ribu, dan atap mobil antara Rp500 ribu sampai Rp800 ribuan. Jika ingin yang lebih terjangkau bisa menggunakan berbahan Acrylic Lacquer dengan antara Rp350 ribu hingga Rp650 ribu.

Lain lagi dengan biaya perbaikan di bengkel resmi seperti Auto2000. Kabarnya, body & paint di Auto 2000 dipatok berdasar panel yang dikerjakan. “Untuk harga per panel kita patok berbeda-beda tergantung dari modelnya. Misalkan harga per panel Toyota Avanza mulai dari Rp800 ribu, sedangkan Innova dipatok mulai dari Rp900 ribu,” kata Buddy Sukmawan, Service Supervisor Body and Paint Auto2000 Singosari, seperti dilansir Liputan6.

Buddy menjelaskan, hitungan panel yang dimaksud misalkan bumper depan dihitung satu panel, satu pintu dihitung satu panel, kap mesin dihitung satu panel, demikian pula yang lainnya memiliki perhitungan yang sama. Para konsumen pun tidak perlu khawatir bila hasil catnya akan belang dengan warna asli mobil.

“Di Auto2000 sudah terkomputerisasi untuk pencocokan warnanya, kita pun punya satu orang spesialis untuk memastikan warna yang disiapkan dengan warna di mobil tetap sama. Jadi tidak full tergantung komputer, tetap kualitas akhir dipantau oleh mata yang terlatih,” beber Buddy.

Yang lebih menarik lagi, untuk mobil dengan pengerjaan 3 panel segaris dan mengalami kerusakan ringan (kedalaman penyok tidak sampai 3 mm), Auto2000 menjanjikan proses pengerjaan yang cukup cepat hanya dalam kurun waktu 8 jam atau disebut dengan istilah Express Body Paint.

Loading...