Biaya Puluhan Juta Rupiah, Pendaftaran Tazkia Malang 2020-2021 Masih Buka?

Pondok Pesantren Tazkia International Islam Boarding School (IIBS) di Malang - tazkiaiibs.sch.id

Dari sekian banyak modern yang berlokasi di Malang, Tazkia International Islam Boarding School (IIBS) bisa dikatakan sebagai salah satu favorit banyak orang tua untuk menyekolahkan anak-anak mereka, termasuk pada tahun akademi 2020-2021. Pasalnya, walaupun biaya yang dipatok pihak pondok tidak bisa dikatakan murah, yang disediakan cukup bonafide, belum lagi kurikulum yang mengadopsi dari nasional, Cambridge, dan Al-Azhar.

Dikutip dari Jatim News, pondok pesantren yang berada di Jalan Tirto Sentono, Dau, Malang ini punya gedung yang dan bersih. Tamannya indah, ruang kelasnya asyik serta tidak membosankan karena punya cat berwarna-warni, sedangkan kamar mandi ada di setiap kelas. Setiap kamar untuk santri menginap juga telah dilengkapi kamar mandi pribadi, dan ada pula fasilitas laundry.

Yang unik, untuk jenjang SMA, Tazkia IIBS tidak hanya menawarkan IPA, IPS, dan Bahasa. Pondok pesantren ini juga menyelenggarakan 5 lain, yakni ulama, scientistpreneur, entrepreneur, CEO, dan professional. “Lima penjurusan itu anak-anak yang memilih. Kemudian, nanti akan dispesifikasikan, kira-kira kampus mana yang cocok buat si anak ini,” papar Humas Tazkia, Abdul Jalil Mursyid.

Keistimewaan Tazkia yang lain adalah kurikulum yang digunakan. Pondok pesantren modern tersebut setidaknya mengadopsi tiga kurikulum, yakni kurikulum Nasional, Cambridge, dan kurikulum Al-Azhar. Jadi, misalnya nanti santri berminat ke Universitas Al-Azhar untuk melanjutkan kuliah, sudah bisa langsung ke sana, tanpa ada penyetaraan karena kurikulum yang digunakan sama.

Pondok pesantren ini sudah mendapatkan apresiasi dari banyak orang, termasuk mantan Menteri BUMN dan Direktur PLN, Dahlan Iskan. Dilansir dari Republika, menurut Dahlan, Tazkia IIBS memiliki lingkungan yang sangat bagus, yang tidak ia temu di sekolah lainnya. “Sudah waktunya Islam berkembang secara pesat seperti yang dialami Tazkia IIBS,” katanya.

Namun, seperti pepatah Jawa, ada harga ada rupa, demikian pula bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan ke tempat ini. Biaya pendaftaran di Tazkia IIBS dipatok Rp750 ribu. Jika diterima, santri harus membayar uang pangkal sekitar Rp50 jutaan, sedangkan sebesar Rp3,5 jutaan per bulan. Sayangnya, menurut situs resminya, pendaftaran untuk tahun 2020, 2021, 2022, dan 2023 sudah ditutup. “Saat ini, yang masih available 2024-2025,” tutup Jalil.

Loading...