Biaya Pendaftaran Rp 300 Ribu, Ini Syarat Masuk Akademi Maritim Yogyakarta

Akademi Maritim Yogyakarta - www.amy.ac.idAkademi Maritim Yogyakarta - www.amy.ac.id

Akademi Maritim Yogyakarta (AMY) merupakan salah satu kampus di bidang kemaritiman yang telah mengantongi akreditasi Institusi B. AMY berperan sebagai yang membantu para mahasiswanya menjadi tenaga kelautan .

“Untuk mendapatkan pengakuan standar , kami telah memenuhi kurikulum yang di dalamnya termasuk kelengkapan laboratorium yang alatnya harus sama dengan apa yang ada di kapal,” ujar Direktur Akademi Maritim Yogyakarta Wegig Pratama, seperti dilansir Tribunnews.

Bagi yang berminat mendaftar masuk ke Akademi Maritim Yogyakarta (AMY) harus menyiapkan biaya sebesar Rp 300 ribu dan jika sudah diterima sebagai taruna di AMY maka masih diwajibkan membayar biaya registrasi sebesar Rp 500 ribu per semester, biaya bimbingan PK D-III Rp 500 ribu, dan kegiatan Pra (basis & pengenalan kampus) Rp 1 juta.

Besaran biaya lain-lain untuk setiap studi yang ada di AMY berbeda-beda. Misalnya saja biaya SPP per semester pada prodi KPN ditarik sebesar Rp 3,5 juta, jurusan Teknika Rp 4,5 juta, dan Nautika juga sama, Rp 4,5 juta per semester. Baik prodi Teknika dan Nautika juga dikenai biaya evaluasi laporan prala sebesar Rp 500 ribu.

Lalu untuk seragam pada jurusan KPN dan Nautika biayanya Rp 3,5 juta, sedangkan jurusan Teknika dikenai Rp 3,75 juta. Sementara itu, besaran sumbangan yang harus dibayarkan oleh calon taruna baru dibedakan berdasarkan gelombang pendaftarannya. Pada gelombang II (17 Mei-18 Juli 2018) dikenai sumbangan antara Rp 8-10 juta dan gelombang khusus (19 Juli-23 Agustus 2018) biayanya bisa lebih dari Rp 10 juta.

Syarat pendaftaran calon taruna baru di AMY sebenarnya cukup mudah. AMY menerima pria atau wanita lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat yang jasmani dan rohani, belum menikah dan sanggup tidak menikah selama pendidikan, serta menyerahkan berkas-berkas yang dibutuhkan seperti bukti lunas biaya pendaftaran, fotokopi identitas diri, fotokopi Akta Kelahiran, pasfoto hitam putih 3 x 4, dan fotokopi ijazah/surat keterangan tanda lulus.

Kemudian persyaratan khusus yang harus dipenuhi oleh calon taruna adalah tinggi badan minimal 160 cm (pria) atau 155 cm (wanita), usia maksimal 23 tahun dan tidak berkacamata. Persyaratan khusus lainnya bisa dilihat sendiri di situs resmi pmb.amy.ac.id.

Loading...