Bisa Diajukan Secara Online, Berapa Biaya Pembuatan IUMK?

Biaya Pembuatan Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) - freepik: @mego-studioBiaya Pembuatan Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) - freepik: @mego-studio

Para pemilik UMKM sudah seharusnya mengajukan Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) guna memperoleh kepastian hukum sekaligus sarana pemberdayaan dalam mengembangkan usahanya. IUMK sendiri merupakan tanda legalitas kepada seseorang atau pelaku usaha/kegiatan tertentu dalam bentuk izin usaha mikro dan kecil dalam bentuk naskah satu lembar. Dengan adanya Single Submission (OSS), pembuatan IUMK bisa dilakukan secara tanpa dipungut , alias .

IUMK dapat diajukan oleh para pelaku usaha mikro dan kecil. Adapun kriteria usaha mikro yang diatur dalam UU No. 20/2008 adalah memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp50 juta, tidak termasuk dan ; atau memiliki hasil penjualan tahunan paling banyak Rp300 juta. Sedangkan kriteria usaha kecil adalah memiliki kekayaan bersih lebih dari Rp50 juta sampai dengan paling banyak Rp500 juta, tidak termasuk dan bangunan; atau memiliki hasil penjualan tahunan lebih dari Rp300 juta rupiah) sampai dengan paling banyak Rp2,5 miliar.

untuk membuat IUMK UMKM online antara lain melampirkan surat pengantar dari RT atau RW yang terkait dengan lokasi usaha, fotokopi KTP penanggung jawab usaha, fotokopi KK (Kartu Keluarga) penanggung jawab usaha, pasfoto berukuran 4 x 6 sebanyak 2 lembar, formulir IUMK yang telah diisi (meliputi nama, nomor KTP, nomor telepon, alamat, kegiatan usaha, sarana usaha, dan jumlah modal usaha), memiliki alamat e-mail yang aktif dan password mudah diingat, serta nomor telepon yang dapat dihubungi.

Selain mengurus secara mandiri tanpa dikenai biaya, beberapa pemilik UMKM juga ada yang menggunakan jasa perizinan IUMK. Berbeda dengan mengurus sendiri, biro jasa pengurusan IUMK ini biasanya menarik biaya berkisar mulai Rp500 ribu. Proses penyelesaian IUMK pun tergolong cepat, hanya dalam kurun waktu sekitar 24 jam, tergantung server OSS.

“Dengan membuat IUMK maka Anda juga akan dibuatkan Nomor Induk Berusaha (NIB) sebagai pengganti TDP dan Surat Pernyataan Kesanggupan Pengelolaan Dan Pemantauan Lingkungan Hidup (SPPL), jadi dapat IUMK, NIB, SPPL secara paket,” kata salah satu biro jasa.

Pemilik IUMK nantinya juga mendapatkan pendampingan untuk pengembangan usaha dari daerah dan/atau lembaga lainnya berupa pendataan, fasilitas akses permodalan, penguatan kelembagaan, pembinaan dan pendampingan bimbingan teknis, mengembangkan kemitraan dengan dunia usaha, serta mendapat kepastian dan perlindungan dalam berusaha di lokasi yang telah ditetapkan.

Loading...