Gagal Mudik? Jangan Khawatir, Biaya Pembatalan Tiket Kereta Api Dikembalikan 100%

Pembatalan tiket kereta api dapat dilakukan melalui aplikasi KAI Access - tribunnews.com

Pemerintah resmi memberlakukan larangan melalui Peraturan dan Keputusan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 25 Tahun 2020 tanggal 23 April 2020, tentang larangan mudik dan pengendalian selama masa mudik Idul Fitri Tahun 1441 Hijriah dalam rangka pencegahan penyebaran -19. Alhasil, seluruh kereta api kini tidak lagi beroperasi hingga 31 Mei 2020 mendatang. Meski demikian, calon yang sudah terlanjur mengeluarkan untuk membeli tiket kereta api bisa mengajukan pembatalan.

“Antarkota kami batalkan mulai 24 April sampai 31 Mei 2020. Tiket dipesan wajib dikembalikan 100 persen,” kata Direktur Jenderal Perkeretaapian, Zulfikri, seperti dilansir Suara. Selain itu, kereta api perkotaan yang beroperasi keluar-masuk wilayah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) juga bakal disetop operasionalnya.

Terkait adanya larangan mudik Lebaran 2020, PT Kereta Api Indonesia (KAI) siap melakukan pengembalian dana atau bea pemesanan tiket sebesar 100% terhadap para calon penumpang. Menurut VP Public Relations KAI Joni Martinus, 100% ini berlaku untuk tiket KA dengan jadwal keberangkatan sampai tanggal 4 Juni 2020.

“Khusus untuk kondisi saat ini refund 100 persen. Jika dalam kondisi normal, kalau penumpang membatalkan pesanan tiketnya dikenakan bea sebesar 25 persen dari bea tiket,” terang Joni. Adapun bea tiket yang dibatalkan baru akan ditransfer ke rekening penumpang setelah 30 hari sejak permohonan pembatalan tiket.

Proses pembatalan dan pengembalian biaya pemesanan tiket kereta api pun masih mengedepankan prinsip physical distancing. Oleh sebab itu, KAI menyediakan sarana refund tiket kereta secara lewat KAI Access.

Cara mengajukan refund tiket kereta api secara online lewat aplikasi KAI Access cukup mudah. Pada halaman beranda KAI Access, calon penumpang dapat memilih menu Pembatalan. Pilih salah satu tiket kereta yang hendak dibatalkan. Kemudian, pada halaman detail tiket, pilih menu pembatalan. Pilih penumpang yang akan dibatalkan dan isi data akun bank untuk pengembalian dana.

Meskipun di tampilan layar KAI Access ada biaya pembatalan sebesar 25%, nantinya calon penumpang tetap memperoleh pengembalian dana sebesar 100%. Usai proses pembatalan selesai, jangan lupa periksa tiket yang sudah dibatalkan di riwayat halaman.

Loading...