Urung Liburan, Berapa Biaya Pembatalan Booking Hotel?

Ilustrasi : Seseorang sedang refund booking hotelIlustrasi : Seseorang sedang refund booking hotel

JAKARTA – Karena satu dan lain hal, rencana yang disusun dengan matang bisa saja berujung pada pembatalan. Hal tersebut mungkin juga akan berimbas pada pembatalan yang sudah terlanjur Anda pesan. Untuk prosedur pembatalan kamar ini, ada yang akan mengenakan biaya, namun tidak sedikit yang membebaskan charge dengan -syarat tertentu.

“Membatalkan dapat dilihat dari bagaimana cara tamu tersebut memesan kamar,” papar Corporate Assistance Manager Operations System Santika Group, Astrin Christina, dilansir Tribunnews. “Banyak harga kamar di online travel agent (OTA) lebih murah karena menawarkan harga yang harus dibayar di muka. Bahkan, beberapa tidak bisa mengganti tanggal atau refund karena pembatalan.”

Jika memang ada pembatalan dan mendapatkan refund, tamu yang memesan via OTA tidak bisa tiba-tiba datang ke hotel, lalu menagih kepada resepsionis. Pembatalan dan refund mengikuti mekanisme masing-masing OTA. Tamu juga tidak bisa membatalkan tiba-tiba ketika high season. Jika memang terpaksa, maka akan dikenakan charge satu malam.

Salah satu OTA , Agoda, dalam situs resminya menuliskan bahwa terkecuali telah secara spesifik disebutkan sebaliknya di kebijakan pembatalan, Agoda tidak mengenakan biaya pemrosesan untuk pembatalan. Semua pembatalan yang diterima setelah tanggal jatuh tempo pembatalan yang tertera pada konfirmasi, akan dikenakan biaya pembatalan sebesar minimum satu malam, kecuali tamu mendapat pemberitahuan lain di konfirmasi.

“Email konfirmasi Anda akan menyebutkan tepatnya tanggal jatuh tempo pembatalan (yaitu tenggat waktu Anda harus membatalkan untuk menghindari biaya pembatalan apa pun),” tulis Agoda. “Umumnya, tanggal jatuh tempo pembatalan adalah 14 hari sebelum kedatangan di hotel. Biaya penalti biasanya sebesar biaya menginap satu malam, kecuali disebutkan lain dalam email konfirmasi.”

Sementara, menurut OTA lain, Pegipegi, kebijakan hotel untuk pembatalan berbeda-beda. Ada yang menerapkan biaya tambahan, ada pula yang tidak. Mengenai besaran biaya pembatalan ini, juga bergantung pada kebijakan setiap hotel yang dapat dilihat pada lampiran email konfirmasi pemesanan. “Beberapa hotel memberlakukan biaya penjadwalan ulang, sedangkan beberapa hotel lain tidak menarik biaya tambahan tersebut,” tulis Pegipegi.

Selain karena faktor pribadi, pembatalan pemesanan hotel juga bisa terjadi karena situasi tertentu, seperti wabah virus corona baru-baru ini. Karena virus tersebut, pembatalan pemesanan kamar hotel di meningkat tajam, terutama dari turis Timur Tengah, Australia, dan Eropa. Namun, pelaku industri perhotelan di Bali menyepakati tidak mengenakan biaya pembatalan atau cancellation fee kepada wisatawan asal terkait virus corona.

Loading...