Wajib Bersertifikat, Berapa Biaya Pelatihan Aplikator & Pengembang RISHA?

Rumah Instan Sederhana Sehat - www.bramblefurniture.comRumah Instan Sederhana Sehat - www.bramblefurniture.com

Rumah Instan Sederhana Sehat atau yang lebih dikenal dengan nama RISHA adalah wujud anak bangsa untuk membuka kesempatan seluas-luasnya bagi dalam memiliki rumah layak huni, aman, dengan harga yang tentunya terjangkau. Rumah bersistem bongkar pasang (knock down) ini merupakan hasil pengembangan Puslitbang Perumahan dan Permukiman Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Untuk menjadi aplikator dan pengembang RISHA, setidaknya calon developer perlu mengikuti dengan tertentu.

Pada April 2020 lalu misalnya, Rumah RISHA Indonesia membuka pelatihan calon aplikator RISHA dengan biaya yang dipatok Rp18,85 juta untuk durasi pelatihan selama 3 hari. Tarif atau harga tersebut sudah termasuk materi teori dan bahan-bahan praktek pembuatan panel-panel RISHA, akomodasi/penginapan dan konsumsi selama pelatihan (3 hari 2 malam), transportasi selama kegiatan, publikasi nama aplikator RISHA di website rumahrisha.id selama 1 tahun, pendukung dan keselamatan kerja selama pelatihan, serta 1 set cetakan panel RISHA (terdiri dari cetakan P1 1 buah, cetakan P2 1 buah, dan cetakan P3 1 buah).

Kepala Puslitbang Perumahan dan Permukiman Kementerian PUPR, Arief Sabaruddin yang menjabat tahun 2018 lalu menyebutkan bahwa untuk menjadi aplikator dan pengembang RISHA tidak butuh persyaratan yang rumit. Pertama, calon aplikator dan pengembang bisa mengajukan surat permohonan pada Balitbang atau Kepala Puslitbang Perumahan dan Permukiman Kementerian PUPR dengan menunjukkan bukti sudah memiliki badan , seperti CV atau koperasi.

Arief menegaskan bahwa pengajuan itu tujuannya hanya untuk memudahkan pendataan bagi Balitbang. “Tujuannya sebatas hanya untuk memudahkan kontrol dari Balitbang kepada aplikator itu, jadi tidak ada persyaratan yang macam-macam,” beber Arief, seperti dilansir .

Kemudian, calon aplikator atau pengembang bisa mengikuti pelatihan seputar RISHA, termasuk cara membangun dan komponen-komponen yang dibutuhkan dari pembangunan RISHA. Pelatihan dibutuhkan agar dapat menjadi aplikator dan pengembang RISHA yang bersertifikat. “Tidak ada masalah siapapun yang mengembangkan sejauh mereka melapor ke Balitbang. Kami membuka selebar-lebarnya untuk banyak orang berkiprah di sana [Pembangunan Risha],” tutupnya.

Loading...