Kerap Dipakai Sebelum Pemasangan Crown, Berapa Biaya Pasang Pasak Gigi?

Pemeriksaan Dokter Sebelum Pasang Pasak Gigi - www.dhealth.com.auPemeriksaan Dokter Sebelum Pasang Pasak Gigi - www.dhealth.com.au

Saat masih anak-anak, jika karena berlubang biasanya bisa dengan mudah mencabut gigi anak-anak tersebut. Pasalnya, anak-anak masih berada dalam masa , sehingga gigi yang sudah dicabut masih bisa tumbuh lagi. Namun pada orang dewasa, ternyata pencabutan gigi tak bisa dilakukan semudah itu. Oleh sebab itu, dokter biasanya akan menyarankan akar gigi dibanding mencabutnya.

Perawatan saluran akar gigi atau yang lebih dikenal dengan istilah endodontic dilakukan apabila infeksi telah mencapai bagian pulpa atau terdalam gigi. Menurut drg. Diatri Nari Ratih, Sp.KG(K), tindakan pencabutan gigi sebaiknya dihindari apabila kondisi akar gigi masih bagus. “Bagaimana pun gigi asli akan lebih baik dibanding gigi palsu atau gigi yang ompong,” ungkap drg. Diatri, seperti dilansir Kompas.

Lebih lanjut drg. Diatri mengungkapkan, apabila gigi dicabut maka akarnya pun juga harus diambil. Kondisi itu pula yang berpotensi mengakibatkan pipi terlihat kempot, sehingga dari segi estetika pun kurang begitu menarik. Pencabutan gigi juga akan mengakibatkan gigi lain berpotensi renggang karena pergerakan gigi.

“Kalau mahkota gigi masih ada sampai sepertiga, gigi tidak perlu dicabut. Cukup dirawat akar giginya, dipasang crown dan pasak, gigi akan terlihat seperti gigi normal,” paparnya. Di samping itu, perawatan saluran akar gigi pun katanya dapat membuat peradangan pada pulpa sembuh sehingga tak merasa sakit gigi lagi. Dengan demikian, gigi pun bisa berfungsi dengan baik untuk mengunyah seperti gigi sehat lainnya.

Drg. Diatri memaparkan, perawatan saluran akar juga dapat dilakukan pada satu kali kunjungan. “Asal indikasinya sesuai, yakni gigi tidak terasa sakit saat diketuk karena itu menandakan jaringan pendukungnya masih bagus,” bebernya.

Adapun pasak gigi atau dental pin biasanya adalah perawatan yang dilakukan sebelum crown (jaket) atau bridge gigi apabila diperlukan. atau biaya pasang pasak gigi ini bisa bervariasi antar atau dokter gigi yang menangani. Biasanya berkisar antara Rp400 ribuan hingga Rp1,75 juta per pasak gigi, sedangkan untuk bagian core-nya dihargai Rp300 ribu hingga Rp400 ribuan.

Loading...