Biaya Pasang Mulai Rp 750 Ribuan, Crown Jadi Alternatif untuk Perbaiki Mahkota Gigi

Gigi - ctc-g.ruGigi - ctc-g.ru

perbaikan kini sudah semakin beragam macamnya, mulai dari yang menggunakan sederhana hingga yang telah sepenuhnya canggih dan memanfaatkan teknologi . Bagi orang-orang yang kehilangan gigi, terutama gigi di bagian depan biasanya akan menempuh berbagai cara untuk mengembalikan kepercayaan dirinya, salah satunya dengan memasang gigi palsu. Gigi palsu sendiri ada banyak jenisnya, mulai dari gigi palsu permanen dan lepasan.

Gigi palsu permanen merupakan gigi palsu yang tak bisa dilepas sendiri oleh sang , sedangkan gigi palsu lepasan bisa dicopot dan dipasang sendiri kapan saja. “Gigi permanen harus menunggu dokter untuk melepasnya,” kata dokter gigi di Happy Dental Clinic, drg. Linda Noviyanti, seperti dilansir Infonitas.

Terdapat 3 macam gigi palsu permanen, yakni implant gigi yang dilakukan dengan cara ditanam di gusi, kemudian bridge yang dipasang dengan memanfaatkan gigi-gigi di sebelahnya sebagai penyangga, serta crown atau mahkota gigi. “Mahkota palsu tersebut dipasang untuk menggantikan struktur mahkota gigi yang rusak akibat lubang, keropos, atau patah,” imbuh drg. Linda.

Gigi tiruan cekat atau permanen semacam itu pemasangannya memang relatif lebih mahal dibanding gigi palsu model lepasan. Untuk jacket crown gigi pasangnya sangat bervariasi, tergantung jenis crown yang dipilih. Crown dari acrylic dikenai pasang sekitar Rp 750 ribuan, bahan metal porselen tarifnya Rp 2 jutaan, bahan porselen emax biayanya Rp 3 jutaan, dan bahan porselen zirconia Rp 4 jutaan.

Sementara itu untuk gigi palsu lepasan terdiri dari 3 jenis, yakni jenis akrilik yang dikenal sebagai jenis gigi palsu lepasan termurah. Kemudian ada gigi palsu valplast yang memiliki karakteristik lebih lentur daripada akrilik karena tak menggunakan kawat. Ketiga adalah jenis frame yang menggunakan pelat logam di dalamnya.

Dari sekian banyak jenis palsu yang ada, masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Penentuan pemakaian gigi palsu sangat tergantung dari bentuk rahang sang pengguna. “Jadi, model gigi palsu yang bagus adalah yang cocok dengan faktor gigi tersebut tanggal. Juga, bentuk gusi mempengaruhi faktor ini,” tandas drg. Linda.

Loading...