Biaya Operasi Sampai Jutaan Rupiah, Apakah Bedah Kista Ateroma Juga Ditanggung BPJS?

Ilustrasi: operasi bedah kista ateromaIlustrasi: operasi bedah kista ateroma

Jenis kista memang bermacam-macam. Salah satu kista yang mungkin umum adalah kista ateroma. Kista ateroma bisa terbentuk apabila kelenjar atau saluran minyak (kelenjar sebasea) mengalami kerusakan atau tersumbat. Kelenjar sebasea sendiri adalah kelenjar yang mengeluarkan minyak bernama sebum yang berfungsi melapisi kulit dan rambut.

Sumbatan itu biasanya dapat terjadi karena adanya riwayat cedera seperti luka bekas operasi, goresan, dan jerawat di area kista ateroma muncul. Karena umumnya tumbuh secara lambat, beberapa orang seringkali tak menyadari jika menderita kista ateroma.

“Mayoritas kista ateroma tidak membutuhkan atau menimbulkan masalah lain. Namun untuk mencegah terjadinya infeksi dan bekas luka, jangan pernah memencet kista. Selain itu, Anda dapat mengompres kista menggunakan handuk yang sudah dibasahi dengan air hangat agar cairan kista keluar dan berangsur-angsur sembuh,” kata dr. Kevin Adrian, seperti dilansir Alodokter.

Tetapi apabila ukuran kista ateroma tumbuh membesar dan menimbulkan keluhan yang mengganggu, biasanya disarankan untuk pergi ke dan memeriksakan kondisinya. Kista ateroma bisa diobati dengan berbagai tindakan seperti injeksi atau suntikan yang dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan, insisi (sayatan) dan penyedotan untuk mengeluarkan isi kista, metode laser, hingga operasi bedah minor untuk membuang seluruh kista ateroma.

Di antara seluruh metode tersebut, operasi pembedahan minor disebut-sebut aman dan efektif untuk mencegah kista ateroma tumbuh kembali di kemudian hari. Penderita juga disarankan untuk segera berobat ke dokter jika kista ateroma tumbuh di jari, membesar dengan cepat, pecah, terasa sakit, muncul infeksi, atau bahkan mengganggu penampilan.

bedah kista ateroma bisa sangat bervariasi, tergantung tingkat keparahan kasus, kamar yang dipilih, dan lokasi yang dituju. Menurut informasi dari berbagai sumber, biaya operasi bedah kista ateroma berkisar mulai Rp 7 jutaan. Namun ada pula penderita ateroma yang memanfaatkan untuk menjalani operasi bedah kista ateroma. Apabila mengikuti prosedur yang telah ditetapkan, maka operasi bedah kista atheroma akan ditanggung oleh pihak BPJS alias gratis tanpa dipungut biaya.

Loading...