Cocok untuk Atasi Mata Minus & Silindris, Segini Biaya Operasi ReLEx SMILE

Operasi Relex Smile (sumber: master-aesthetic.com)Operasi Relex Smile (sumber: master-aesthetic.com)

Orang-orang yang memiliki minus dan silindris cukup tinggi kini tak perlu berkecil hati. Pasalnya, dengan teknologi kedokteran yang semakin mutakhir rupanya memungkinkan penderita minus dan silindris untuk memiliki penglihatan yang kembali normal lewat metode lasik. Ada banyak metode lasik di Indonesia, salah satu yang populer adalah ReLEx SMILE (SMall Incision Lenticule Extraction). operasi ReLEx SMILE dipatok variatif, tergantung di mana melakukannya.

Menurut Veimeirawaty Kusnadi, Direktur Ciputra Healthcare, bedah dengan metode ReLEX SMILE adalah layanan lasik dengan metode dan teknologi terkini untuk memperbaiki penglihatan dan minimal invasive, pemulihan cepat, minim efek samping, dan minim rasa nyeri.

“ReLEX SMILE (Refractive Lenticule Extraction, small incision Lenticule Extraction) adalah bedah refraktif pada mata tanpa menggunakan pisau (bladeless), tanpa membuat irisan (flapless) untuk mengoreksi kelainan refraksi termasuk mata minus dan silindris. Tindakannya dilakukan dalam waktu kurang lebih 10 menit,” kata Veimeirawaty, seperti dilansir Bisnis.

Sementara itu, spesialis mata Ciputra SMG Eye Clinic Utami Noor Sya’baniyah memaparkan jika ReLEx SMILE merupakan generasi baru dari tindakan bedah refraktif dengan femtosecond tanpa membuat irisan. Pada ReLEx SMILE, femtosecond bekerja langsung di dalam lapisan stroma untuk membentuk lenticule sesuai dengan ukuran kelainan refraksi. Lalu sinar laser tersebut membuat sayatan kecil sekitar 2-4 mm untuk jalan mengeluarkan lenticule.

Penderita mata minus dan silinder yang ideal untuk menjalani tindakan ReLEx SMILE adalah mereka yang berusia di atas 15 tahun, tidak mengalami perubahan resep kacamata signifikan selama 1 tahun terakhir, miopia hingga minus 10 atau astigmatisme hingga minus 5, tidak sedang hamil, tidak memiliki sejarah medis signifikan, tidak memiliki sejarah penyakit mata di keluarga, dan pencinta olahraga ekstrem.

“Secara umum, pasca operasi ReLEx SMILE lebih aman dan nyaman karena sayatan kecil di permukaan kornea. Dengan ReLEx SMILE waktu pemulihan menjadi lebih cepat, minim efek samping seperti mata kering, silau, dan nyeri,” jelas dr Utami.

Adapun biaya operasi ReLEx SMILE di Ciputra SMG Eye Clinic tahun 2021 dipatok mulai Rp19 juta per mata. Kemudian di JEC-JAVA @ Surabaya biaya operasi ReLEx Smile sedang promo diskon dari Rp32 juta menjadi Rp26 juta untuk 2 mata, promo berlaku hanya sampai Januari 2021. Lain lagi dengan RSI Sultan Agung Semarang, biaya operasi ReLEx SMILE 1 mata Rp17 juta dan operasi 2 mata biayanya Rp29.900.000.

Loading...