Cara Daftar Mudah, Ini Keuntungan & Biaya untuk Jadi Official Store Tokopedia

Official Store Tokopedia - www.tokopedia.comOfficial Store Tokopedia - www.tokopedia.com

Tokopedia termasuk marketplace yang peduli dengan kemajuan UMKM di Indonesia. Guna menambah kualitas layanannya terhadap para , Tokopedia beberapa waktu lalu meluncurkan official store dengan ribuan . Ada beberapa kategori official store Tokopedia, yakni brand ternama, distributor resmi, penjual terpilih Tokopedia, maupun . ini biasanya memakan biaya yang disebut komisi.

Pembayaran untuk menjadi official store Tokopedia umumnya dihitung berdasar total penjualan yang dihasilkan, atau komisi. Besaran komisi tersebut mulai dari 1% untuk setiap barang yang terjual. Para pemilik akun official store Tokopedia bisa menikmati berbagai fitur lebih dibanding seller biasa (regular merchant), seperti meningkatkan kepercayaan pembeli, statistik toko dan fitur keuangan, eksklusif, pengaturan diskon toko, asuransi barang, tim khusus, dan integrasi ke API Tokopedia.

Syarat untuk menjadi official store Tokopedia pun cukup mudah. Pengguna yang berasal dari kalangan pengusaha lokal tinggal melengkapi dokumen persyaratan yang dibutuhkan seperti KTP, NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), dan SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan).

Vice President of Merchants Tokopedia Inna Chandika mengungkapkan bahwa platform official store sengaja diciptakan untuk mengangkat toko-toko yang telah dikurasi supaya lebih dikenal dan dapat menjangkau lebih banyak pelanggan. “Jadi, yang terpilih ini adalah UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) yang telah berhasil menciptakan produk dan merek,” ucap Inna, seperti dilansir Katadata.

Sampai saat ini Tokopedia sudah mempunyai lebih dari 5 juta penjual dan 100 juta produk di platform-nya. Dengan kehadiran official store ini Inna berharap supaya perusahaannya bisa menciptakan pengalaman belanja yang lebih eksklusif untuk para pelanggan. “Layaknya di toko resmi tetapi tetap bisa dinikmati di mana saja secara online,” bebernya.

Di tengah tantangan pandemi virus corona (Covid-19), Tokopedia juga berupaya membantu para seller dengan memberikan pemotongan biaya layanan sebesar 100% di beberapa kategori untuk sementara waktu, khususnya produk kesehatan dan kebutuhan sehari-hari. Adapun toko yang berhak mendapat potongan biaya layanan 100% ini hanyalah toko Power Merchant aktif dan Official Store.

Loading...