Biaya Murah, Seberapa Efektif Akupuntur Kesuburan?

Ilustrasi : Seorang wanita yang sedang hamil

JAKARTA – Memiliki buah hati adalah impian banyak pasangan, yang dikatakan bisa melengkapi keutuhan rumah tangga. Namun, karena berbagai alasan, banyak perempuan yang harus gagal menjalani proses . Nah, untuk mengatasi hal tersebut, akupuntur kabarnya bisa meningkatkan kesuburan. Bahkan, untuk menjalani ini dikatakan sangat terjangkau.

akupuntur sendiri merupakan metode pengobatan tradisional yang berasal dari Negeri Tirai Bambu. Ini adalah metode yang sering dipilih oleh sebagian orang untuk mengatasi berbagai gangguan , nafsu makan, atau untuk masalah kecantikan. Bahkan, beberapa orang percaya bahwa akupuntur dapat mengatasi masalah kesuburan yang dialami banyak perempuan.

Sebenarnya, keampuhan teknik akupuntur untuk mengatasi masalah kesuburan hingga saat ini masih pro dan kontra. Pasalnya, belum banyak ilmiah yang mampu membuktikan bahwa teknik ini bisa meningkatkan kesuburan. Rata-rata, studi hanya menunjukkan bahwa akupuntur bisa mengurangi stres seseorang, yang mungkin mengganggu pasangan. Meski demikian, akupuntur bukanlah pengobatan utama untuk masalah kesuburan.

Dilansir dari Pacific College, ketika digunakan bersama dengan perawatan kesuburan metode Barat, teknik akupuntur dikatakan dapat meningkatkan konsepsi sebesar 26%. Dalam sebuah pengujian yang dilakukan Tel Aviv University, ketika menggabungkan IUI dengan perawatan TCM, 65,5% dari kelompok uji mampu , dibandingkan dengan 39,4% dari kelompok kontrol yang tidak menerima terapi herbal atau akupuntur.

Tetapi, seperti dikutip dari Telegraph, sebuah studi baru dari sekelompok lembaga penelitian Australia menunjukkan bahwa tidak ada manfaat untuk mendapatkan kehamilan. Akupuntur dikatakan justru membantu kesehatan perempuan ketika menjalani program bayi tabung. Percobaan ini sendiri dilakukan pada lebih dari 800 perempuan, yang diambil dari 16 pusat kesuburan di Australia dan Selandia Baru.

Meski masih menjadi perdebatan, namun sudah banyak perempuan yang mencoba teknik akupuntur untuk meningkatkan kesuburan mereka. Efek samping yang minim serta biaya yang tidak terlalu besar menjadi alasan banyak perempuan untuk mengikuti metode ini. Biaya akupuntur sendiri bervariasi, mulai Rp90 ribuan hingga Rp400 ribuan, tergantung masalah dan lamanya terapi.

Loading...