Biaya Mulai Rp 2,4 Jutaan, Auto Detailing Bikin Mobil Kinclong Hingga ke Bagian Terkecil

Auto Detailing - smallbiztrends.comAuto Detailing - smallbiztrends.com

Merawat seperti mobil atau sepeda motor bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, salah satunya dengan auto detailing. Saat ini sudah banyak bengkel-bengkel yang menyediakan auto detailing di kota besar dengan biaya yang , tergantung mobil dan auto detailing yang dipilih.

Di salah satu bengkel auto detailing yang ada di Jakarta Utara misalnya, yakni Autoglaze, mematok harga auto detailing mulai Rp 2,4 juta hingga Rp 2,8 juta untuk paket complete detailing yang mencakup eksterior, interior, dan engine (mesin) mobil. Ada juga paket detailing terpisah antara eksterior saja, interior saja, atau mesin saja. Di tempat lain kemungkinan bisa memasang yang berbeda untuk auto detailing.

Meski sudah banyak bertebaran jasa poles mobil seperti mobil atau autodetailing, rupanya masih banyak pengendara yang sulit membedakan antara mobil dan auto detailing. Walaupun serupa, ternyata keduanya mempunyai beberapa perbedaan, mulai dari proses pengerjaan sampai harga jasanya sendiri.

“Biasanya salon mobil cuma tiga lapis pengerjaannya, waktunya juga sekira dua sampai tiga jam. Boleh dibilang setelah mobil terlihat kinclong maka kerja beres. Untuk autodetailing mencapai delapan lapis dengan waktu minimal tujuh jam,” kata Daniel Yoga pemilik jasa autodetailing Gloss Geek, seperti dilansir Okezone.

Sementara itu, untuk salon mobil rupanya kata Daniel hanya memoles bagian eksterior yang terlihat langsung oleh dan bagian interior mobil pun hanya dibersihkan menggunakan vacuum cleaner. Lain dengan auto detailing, bagian yang dipoles lebih menyeluruh dan mendetail, mulai dari bagian dalam pintu hingga baut roda. Sementara itu untuk bagian interior, jok akan dilepas dan karpet dasar bawaan pabrik pun ikut dibersihkan.

Daya tahan dari kedua jasa poles mobil ini juga berbeda. Salon mobil biasanya hanya bertahan sekitar 2-3 bulan, sedangkan untuk auto detailing daya tahannya lebih lama, sekitar 9 bulan hingga mencapai 1 tahun. “Paling utamanya juga harga beda. Kalau salon mobil kisaran Rp 300 ribu-500 ribu, sementara autodetailing bisa tiga kali lipatnya. Kami lebih condong ke autodetailing tapi suka ada yang minta pengerjaan salon karena waktunya relatif lebih singkat karena mobil mau dibawa ke acara tertentu misalnya. Semua balik lagi pilihan pada ,” bebernya.

Loading...