Biaya Mulai Rp 10 Juta Per Semester, Daftar PPG Reguler Wajib Lulusan S1/D4

Pendidikan Profesi Guru - unj.ac.idPendidikan Profesi Guru - unj.ac.id

Untuk tahun dan Tinggi (Kemenristekdikti) menetapkan kuliah studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) reguler sebesar Rp 10 juta per semester. Dalam PPG ini peserta akan mengikuti kuliah selama 1 tahun di Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang akan diverifikasi dan ditunjuk ulang oleh pemerintah. Selain reguler, ada pula PPG bersubsidi yang tidak ditarik biaya sama sekali, namun biasanya pihak Kemenristekdikti telah memiliki nama-nama peserta yang memang terdaftar di PPG bersubsidi.

Calon peserta yang ingin mengikuti PPG jalur umum wajib lulusan S1/D-IV dan belum berusia 28 tahun. Menurut Direktur Jenderal Kelembagaan Iptek dan Dikti Kemenristekdikti Patdono Suwignjo, biaya Rp 10 juta ini tidak termasuk biaya akomodasi peserta. Selain itu, peserta PPG reguler juga harus memenuhi syarat lainnya seperti IPK minimal 3,00, bebas napza, sehat jasmani dan rohani, berkelakuan baik yang ditunjukkan lewat SKCK Kepolisian, serta belum menikah dan bersedia tidak menikah selama PPG.

Lebih lanjut Patdono mengatakan bahwa calon guru produktif untuk SMK menjadi prioritas untuk tahun pertama diselenggarakannya PPG. “Prodi PPG ini untuk menyesuaikan pendidikan profesi dengan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen,” kata Patdono bulan Juni 2017 lalu, seperti dilansir Pikiran Rakyat.

Patdono juga menjelaskan jika pendidikan profesi sesuai undang-undang harus melibatkan organisasi profesi. Akan tetapi pendidikan guru selama ini tak melibatkan organisasi profesi. “Prodi PPG digelar di LPTK baik negeri dan swasta yang memenuhi syarat. Yaitu harus terakreditasi lembaga dan prodi S-1-nya. Bisa akreditasi A atau B. Kalau C, ya tidak bisa,” ujarnya.

Usai mengikuti PPG, guru akan mendapatkan sertifikat yang diterbitkan oleh Lembaga Profesi (LSP) dan diawasi Badan Nasional Standar Pendidikan (BNSP). Sertifikat PPG tersebut memberikan keuntungan sekaligus kewenangan bagi guru untuk mengajar pada jenjang pendidikan yang telah ditetapkan. Untuk mengetahui informasi lebih lengkap seputar pendaftaran PPG bisa dilakukan dengan mengakses situs PPG di ppg.ristekdikti.go.id.

Loading...