Biaya Masuk Terjangkau, Museum Macan Punya Koleksi Lukisan Raden Saleh

Ruang pameran Museum MACAN di Jakarta - nationalgeographic.co.id

Bagi wisatawan yang gemar dengan barang-barang yang berbau seni, sekarang ada satu lagi tempat hits yang wajib dikunjungi, yaitu Macan. Dengan hanya membayar masuk mulai Rp30 ribu sampai Rp50 ribuan per orang, wisatawan dapat menikmati berbagai macam koleksi seni modern dan kontemporer, baik dari Indonesia maupun .

Museum Macan, atau Modern and Contemporary Art in Nusantara ini pertama kali dibuka untuk umum pada tanggal 3 November 2017 kemarin. Berlokasi di Jalan Panjang No. 5, Jakarta Barat, museum ini lahir dari seorang kolektor seni sekaligus pengusaha asal Indonesia, Haryanto Adiekoesoemo, yang telah mengumpulkan sekitar 800 karya seni, mulai seni rupa modern Indonesia hingga seni kontemporer dari luar negeri.

“Setelah 25 tahun mengumpulkan karya seni, ayah saya tepat 10 tahun yang lalu memiliki hasrat untuk membuka museum sebagai bentuk timbal balik sekaligus mengedukasi masyarakat,” ujar Chairwoman Yayasan Museum Macan, Fanessa Adiekoesoemo, seperti dikutip National Geographic. “Kami bertujuan untuk menjalin hubungan antara komunitas lokal dan untuk membuat program yang berkelanjutan.”

Di antara banyak karya yang dipajang di museum ini, ada lukisan potret diri Raden Saleh, berupa karya seni cat minyak di atas kayu mahogany yang dibuat 180 tahun lalu dan sangat sejak zaman Hindia Belanda. Di samping itu, terdapat juga lukisan karya maestro lukis Indonesia, Affandi, tentang masa kemerdekaan yang dibuat tahun 1968 silam. Bahkan, lukisan seniman seperti Luo Zhongli dan Andy Warhol juga terpajang megah di museum ini.

“Saya suka dengan museum ini, karena punya koleksi lukisan Raden Saleh, yang kalau nggak salah, banyak dicari orang,” ujar salah satu pengunjung bernama Adriana Huchov. “Selain itu, saya juga takjub dengan lukisan karya I Gusti Nyoman Lemad, Affandi, hingga Andy Warol. Di sini, banyak lukisan yang sebelumnya yang jarang saya temui di tempat-tempat lain.”

Di dalam situs resminya, diketahui bahwa biaya atau masuk Museum Macan adalah sebesar Rp30.000 untuk wisatawan anak-anak, Rp40.000 untuk wisatawan pelajar, dan Rp50.000 untuk wisatawan dewasa. Museum Macan beroperasi setiap hari Selasa sampai dengan Minggu mulai pukul 10.00 sampai 19.00 WIB.

Loading...