Sediakan Kelas Karyawan & Kelas Malam, Berapa Biaya Kuliah Universitas Wiraswasta Indonesia?

Universitas Wiraswasta Indonesia - @Sujiman ToloUniversitas Wiraswasta Indonesia - @Sujiman Tolo

Wiraswasta (UWI) merupakan yang telah berdiri sejak tahun 1982 silam di Jakarta dan didirikan oleh Halim S. Tirtamadja, Ph.D. UWIN mendapat izin penyelenggaraan pendidikan tinggi dari Kopertis Wilayah III/Dikti/Diknas dengan akreditasi B. pendidikan yang dibina oleh Yayasan Pendidikan Wiraswasta ini menyelenggarakan program pendidikan sarjana (S1) yang terdiri dari Fakultas Hukum dan Fakultas Ekonomi.

Pada tahun 2001/2002 Universitas Wiraswasta Indonesia juga sudah mendapatkan akreditasi peringkat B oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Republik Indonesia (BAN-PT). Salah satu daya tarik yang ditawarkan oleh UWI adalah diselenggarakannya program perkuliahan karyawan (P2K) dengan jadwal yang fleksibel.

Adapun untuk penerimaan baru di Universitas Wiraswasta Indonesia sendiri kabarnya diadakan setiap semester. Kampus UWI menerima calon baru untuk seluruh lulusan SMA/SMK, D3/Politeknik/Akademi, D1, D3, S1, atau bahkan pindah jurusan. Pendaftaran baru biasanya dibagi menjadi tiga gelombang. Jika mengacu pada tahun-tahun ajaran sebelumnya, pendaftaran gelombang I dibuka antara Januari-Maret, gelombang II mulai Maret-Mei, dan Gelombang III bulan Mei-Juli, dengan awal perkuliahan dimulai pada bulan Agustus.

Universitas Wiraswasta Indonesia pun menawarkan keringanan biaya kuliah, di mana pihak kampus akan melakukan subsidi silang terhadap biaya pendidikan supaya bisa dijangkau masyarakat luas. Di samping itu, mahasiswa juga diperkenankan melakukan pembayaran biaya kuliah secara kredit tanpa bunga dan tanpa agunan, sehingga bisa diangsur bulanan sesuai kemampuan mahasiswa. Bagi mahasiswa yang berasal dari kalangan kurang mampu pun tersedia beasiswa.

Menurut informasi pada tahun ajaran 2018/2019 lalu, biaya pendaftaran untuk masuk UWI ditarik Rp100 ribu (kelas reguler pagi), Rp150 ribu (reguler malam), atau Rp200 ribu (kelas karyawan). Sedangkan biaya kuliah atau SPP per semester untuk kelas reguler pagi Rp4 juta, reguler malam Rp4,5 juta, dan kelas karyawan Rp5,5 juta.

Rektor UWI yang menjabat tahun 2013 lalu, Biakman Irbansyah mengatakan, tahun 2014 UWI menyelenggarakan program kewirausahaan sebagai salah satu ekstrakurikuler. “Nantinya akan diseleksi sejumlah mahasiswa untuk mengikuti boot camp training soal kewirausahaan. Peserta yang lolos seleksi akan mendapatkan bantuan modal dan pendampingan hingga usahanya berjalan. Yang terpenting itu menanamkan nilai-nilai bahwa kegagalan itu hal yang biasa dalam proses menjadi wirausaha yang tangguh,” ujarnya, seperti dilansir Beritasatu.

Loading...