Terapkan Hybrid Learning System, Segini Biaya Kuliah Universitas Fajar Makassar

Universitas Fajar Makassar - (Youtube: rita ayu)Universitas Fajar Makassar - (Youtube: rita ayu)

Fajar (Unifa) adalah salah satu perguruan tinggi terkemuka di Makassar yang menawarkan beberapa jenjang pendidikan, mulai dari diploma (D3), sarjana (S1), hingga magister (S2). untuk masuk Unifa sendiri dipatok Rp300 ribu, sedangkan untuk biaya kuliah Universitas Fajar Makassar besarannya berbeda-beda, tergantung dengan jurusan yang diambil.

Sebagai contoh, untuk biaya SPP studi S1 Manajemen ditarik Rp6 juta dengan total di awal mencapai Rp10.495.000. Kemudian untuk jurusan S1 Akuntansi SPP-nya juga sama, sebesar Rp6 juta dengan pembayaran untuk semester 1 Rp10.930.000. Sedangkan untuk jurusan lain biaya kuliahnya juga berkisar di angka Rp10 jutaan hingga Rp11 jutaan. Setidaknya ada tiga jalur penerimaan baru Unifa, yakni reguler, UTBK, dan OSC (Online Scholarship Competitions) Medcom.

Guna mendukung pendidikan tinggi untuk masyarakat luas, Unifa juga mulai menerapkan hybrid learning system (HyLS) atau metode kombinasi pembelajaran tatap muka dan daring (online). Metode HyLS ini sengaja diterapkan untuk menyambut revolusi industri 4.0 sekaligus memudahkan masyarakat menjangkau pendidikan tinggi meski ada di daerah yang jauh.

“Pada era digital ini, keunggulan kompetitif bukan pada sistem tapi konten learning yang hebat. Harus punya keunikan dan pembeda dengan kampus lain. Oleh karena itu, kami dari yayasan sangat mendukung penuh sistem HyLS ini termasuk infrastruktur. Ke depannya kami mengharapkan ini menjadi nilai plus bagi Unifa sebagai PTS yang menjalankan sistem pembelajaran online,” Ketua Yayasan Pendidikan Fajar Ujungpandang, Muhammad Ridwan Arief, seperti dilansir Fajar.

Rektor Universitas Fajar, Muliyadi Hamid menambahkan, untuk sementara sistem HyLS diterapkan untuk program magister (S2) dan program S1. Selama ini HyLS yang diterapkan adalah generasi pertama karena hanya diterapkan untuk lingkungan pascasarjana. Kemudian pada akhir tahun 2020 akan mulai dijalankan HyLS generasi kedua untuk program sarjana dan diploma Unifa.

“HyLS generasi pertama merupakan model pembelajaran dual system yang kami launching hari ini. Generasi kedua sendiri akan berjalan akhir tahun. Dalam pengaplikasiannya HyLS akan menghadirkan mata kuliah dan perkuliahan dilakukan full secara online. Nantinya dosen akan membuat konten untuk pengajaran mata kuliah. Kami yakin dengan dukungan tim LLDIKTI dan yayasan kami bisa menjalankan HyLS dengan lebih baik,” ucap Muliyadi.

Loading...