Pendaftaran Dibuka Mulai Maret 2020, Berapa Biaya Kuliah di Unsap Sumedang?

Universitas Sebelas April (Unsap) Sumedang - stie11april-sumedang.ac.idUniversitas Sebelas April (Unsap) Sumedang - stie11april-sumedang.ac.id

Universitas Sebelas April atau yang lebih sering disebut Unsap Sumedang adalah kumpulan dari sejumlah yang dikelola oleh Yayasan Sebelas April (YPSA). Kampus satu ini berlokasi di Jl. Angkrek-Situ No. 19, Sumedang, Jawa Barat dan telah dibangun sejak tahun 1982 silam. Unsap terdiri dari beberapa pendidikan seperti STMIK Sumedang, STIE Sebelas April, STIA Sebelas April, STAI Sebelas April, STKIP Sebelas April, STBA Sebelas April, dan STIK Sebelas April.

Tiap tahunnya perguruan tinggi ini membuka penerimaan mahasiswa baru. Pada tahun akademik 2020/2021 ini, pendaftaran mahasiswa baru dibuka sejak 1 Maret – 31 Agustus 2020. Calon mahasiswa baru untuk jenjang sarjana (S1) akan dikenai beberapa komponen seperti jaket almamater Rp150 ribu, lalu PPSPP, KTM, dan kaos Rp350 ribu, uang sumbangan pembangunan (USP), uang kuliah (UK), dan uang praktik (UP) dengan besaran yang berbeda-beda tergantung tinggi yang dimasuki.

Adapun untuk besaran UK berkisar antara Rp1,75 juta hingga Rp9,75 juta per semester, USP ditarik antara Rp1,75 juta sampai Rp2,75 juta, dan UP Rp350 ribu sampai Rp1 juta per semester berdasarkan informasi untuk tahun ajaran 2019/2020.

Sebagai perguruan tinggi yang bertujuan membentuk tenaga pendidik yang kompeten, inovatif, dan , berwawasan luas serta peduli terhadap pendidikan dan segala permasalahannya, memiliki penguasaan yang mendalam dalam bidang yang menjadi keahliannya, mampu mengelola dan meningkatkan pelaksanaan profesionalnya, terampil, serta mampu mengamalkan yang dimilikinya untuk kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara, Unsap Sumedang kerap mengadakan berbagai seminar atau pelatihan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan para mahasiswanya.

Beberapa waktu lalu misalnya, Unsap mengadakan workshop Penumbuhan Minat Kewirausahaan Di Kalangan Pemuda bekerja sama dengan Deputi Bidang Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga. “Salah satu upaya yang terus dilaksanakan oleh Pemkab Sumedang dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia adalah melalui pelatihan kerja,” kata Sekretaris Daerah Ir.H Amim, seperti dilansir Mitrapol.

“Dengan tumbuh dan berkembangnya wirausahawan baru, diharapkan akan terbangun pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru yang pada akhirnya akan berimbas pada peningkatan taraf hidup masyarakat Kabupaten Sumedang secara keseluruhan,” tutupnya.

Loading...