Ingin Mendalami Ilmu Desain? Ini Biaya Kuliah di FSRD ITB

Kampus ITB di Bandung - www.itb.ac.id

Selain bidang teknik, Institut Teknologi Bandung (ITB) ternyata juga memiliki Seni Rupa dan yang cocok bagi mereka yang berminat memperdalam seni rupa, kriya, desain komunikasi visual, desain interior, atau desain produk. Untuk bisa menempuh di fakultas ini, akan dikenakan biaya sebesar Rp25 juta per semester khusus jalur mandiri.

Khusus untuk tahun akademik 2020/2021, selain lewat jalur SNMPTN dan SBMPTN, pihak ITB pun membuka pendaftaran mahasiswa baru melalui Jalur Seleksi Mandiri. Menurut teranyar, pendaftaran yang sedianya berakhir pada 23 Juli 2020, ternyata diperpanjang hingga 22 Agustus 2020. Jika berminat, bisa membayar biaya pendaftaran sebesar Rp150.000 per pelamar, sudah termasuk biaya tes keterampilan seni rupa.

Jika resmi diterima, mahasiswa diwajibkan membayar biaya kuliah yang saat ini telah menerapkan uang kuliah tunggal alias UKT. Seperti disinggung di atas, UKT untuk jalur Seleksi Mandiri sebesar Rp25 juta per semester. Sementara, apabila masuk melalui jalur Reguler, UKT yang dibayar separuh lebih murah, yakni Rp12,5 jutaan per semester.

Beberapa waktu lalu, sempat beredar informasi di media sosial, sebuah tangkapan layar yang berisi informasi tentang pihak ITB yang meminta jaminan kemampuan keuangan dari calon mahasiswa barunya yang lolos melalui Seleksi Mandiri (SM-ITB) 2020. Calon mahasiswa disebut harus memiliki salinan bukti rekening dengan nilai minimum sebesar Rp100 juta.

Terkait hal ini, manajemen ITB pun memberikan pernyataan secara resmi atas viralnya unggahan foto akun Instagram @itbfess, yang menyebut bahwa ada persyaratan calon mahasiswa yang ikut seleksi mandiri (SM) wajib memiliki saldo sebesar itu. Kepala Bagian Humas dan Publikasi ITB, Diki Purnama, menuturkan, pihaknya masih menyiapkan pernyataan atas viralnya persyaratan yang kini telah dihapus itu. “Mohon dapat menunggu, sedang dipersiapkan penjelasan mengenai isu terkait,” katanya, dilansir IDN Times.

Meski biaya kuliah untuk jalur Mandiri memang mahal, namun pihak ITB memberikan kemudahan bagi mahasiswa untuk membayar secara cicilan. Periode cicilan mulai dua kali dalam satu semester, dengan pertama sebesar 50 persen BPP, selambat-lambatnya sebelum hari pertama perkuliahan semester berjalan, sesuai dengan kalender akademik.

Loading...