Penting untuk Para Pasangan, Segini Kisaran Biaya Konseling Pernikahan

Ilustrasi : Pasangan yang sudah menikahIlustrasi : Pasangan yang sudah menikah

idealnya menjadi momen sekali seumur hidup yang perlu dipikirkan secara matang. Oleh sebab itu, untuk menjaga tetap utuh, kini mulai banyak pasangan yang melakukan konseling pranikah. Konseling ini dinilai penting karena dapat memanajemen berbagai risiko yang mungkin muncul saat kelak. konseling pernikahan sendiri memang tak bisa dibilang murah. Biasanya beberapa pasangan perlu melakukan atau sesi hingga beberapa kali pertemuan.

“Tujuan konsultasi pranikah tersebut untuk mengidentifikasi masalahnya. Jadi, ketakutan-ketakutan apa yang akan terjadi ketika menikah nanti. Saat pacaran, tidak peduli amat. Komitmen semasa pacaran itu, ketika kamu melanggar komitmen, bisa putus. Akan tetapi, ketika kawin, kan sudah diatur oleh , agama, adat, dan lain sebagainya. Kalau pacaran, kan tidak hitam di atas putih,” kata psikolog Galang Dharma.

Dalam konseling pernikahan itu akan ada banyak yang didiskusikan dengan pasangan, terutama berkaitan dengan kesiapan mental dan emosi serta di antara pasangan. “Salah satu tujuan konseling untuk melihat bagaimana kesiapan mereka secara mental, apakah kepribadiannya cocok, sudah nyambungkah cara ngobrolnya. Bisa jadi cara komunikasinya berbeda, kenapa berbeda, itu yang dipelajari dan diberi jalan keluarnya. Kalau itu bisa dipelajari satu sama lain, maka bisa menghindari konflik berkepanjangan dan meminimalisir ketidakcocokan di kehidupan setelah menikah,” ujar Psikolog anak dan dewasa dari Rumah Sakit Ibu dan Anak Kemang Medical Care, , Tanti Diniyanti, seperti dilansir Tempo.

Konseling pranikah biasanya bisa dilakukan sejak jauh-jauh hari sebelum pernikahan, entah bersamaan sambil mempersiapkan pernikahan, setahun, 6 bulan, atau 3 bulan sebelum tanggal yang ditetapkan. Biaya konseling pernikahan pun bisa sangat bervariasi, tergantung tiap konselor.

Apabila dilakukan dalam bentuk pelatihan, biayanya berkisar Rp2 jutaan hingga Rp3 jutaan per orang selama 2 hari sejak pagi sampai sore. Akan tetapi, bila konseling dilakukan secara pribadi berdasar durasi sekitar 60-90 menit, maka atau biaya yang dipatok sekitar Rp600 ribuan hingga Rp1 jutaan.

“Ada pasangan yang setelah konseling mereka mulai berpikir ulang untuk memberi jarak dan saling introspeksi diri sebelum memutuskan menikah, ada juga yang merasa sulit untuk bersama dan memutuskan untuk tidak melanjutkan pernikahan. Ada juga yang merasa semakin yakin, saling menerima, dan terus belajar satu sama lain. Itu semua sangat tergantung dari masing-masing pasangan,” tandas Tanti.

Loading...