Dorong Transaksi Non-Tunai, Biaya Kliring BCA Kini Turun

Biaya Kliring BCA - magazine.job-like.comBiaya Kliring BCA - magazine.job-like.com

Mulai tanggal 1 April 2020 (BI) menurunkan Sistem Kliring Bank Indonesia (SKNBI) untuk mendorong penggunaan non tunai sebagai langkah memitigasi penyebaran corona (Covid-19). Dengan demikian, biaya transfer dana sistem kliring nasional dari nasabah ke bank atau yang kerap disebut Lalu Lintas Giro (LLG) kini turun dari Rp3.500 jadi Rp2.900. Kemudian biaya transfer kliring dari perbankan ke BI turun dari Rp600 jadi Rp1.

Penurunan biaya tersebut diberlakukan sejak 1 April 2020 sampai tanggal 31 Desember 2020 mendatang. Besaran biaya kliring terbaru ini juga diterapkan oleh pihak BCA. Adapun untuk biaya kliring LLG dengan nominal kurang dari Rp100 juta atau lebih dari Rp100 juta sampai dengan kurang dari Rp1 miliar dipatok Rp2.900, baik di kantor cabang maupun di KBB (Klik BCA Bisnis). kliring LLG ini dibuka sejak pukul 08.00 sampai dengan jam 14.00.

pemerintah untuk menurunkan biaya transaksi pada masa darurat ini didukung penuh oleh PT Bank Central Asia Tbk (BCA). Dengan adanya tersebut diharapkan dapat memberi keringanan sekaligus mendorong nasabah dan masyarakat untuk memaksimalkan transaksi non-tunai.

“Sebagai institusi perbankan, kontribusi BCA saat ini adalah memastikan nasabah dapat memenuhi berbagai kebutuhan finansialnya melalui transaksi nontunai, baik melalui mobile banking maupun internet banking,” ujar Santoso Liem, Direktur BCA, seperti dilansir Kontan.

Sampai saat ini terdapat sekitar 98% transaksi nasabah BCA yang telah menggunakan layanan perbankan digital. Santoso menjelaskan, transaksi menggunakan BCA mobile tahun 2019 lalu mencapai angka 99,2% year on year (YoY), sedangkan untuk internet banking mencapai 10,8% secara tahunan.

Dengan menggunakan layanan Klik BCA, nasabah dapat melakukan transaksi kapan saja, bahkan di tengah malam (titipan) sekalipun untuk dijalankan pada keesokan harinya. Namun perlu diingat bahwa transaksi keuangan melalui Klik BCA individu terdapat batas maksimal atau limit sebesar Rp100 juta per transfer. Namun khusus Klik BCA Bisnis (KBB) limit transfer bisa diatur sesuai dengan keinginan nasabah.

Loading...