Populer di Tengah Era Digital, Biaya Jasa Edit Video Dipatok Variatif

Ilustrasi: aktivitas editor video (sumber: t3.com)Ilustrasi: aktivitas editor video (sumber: t3.com)

Meskipun sepintas mungkin terlihat mudah, nyatanya tak semua orang memiliki kemampuan untuk mengedit sendiri supaya bisa bernuansa lebih indah dan sinematik. Oleh sebab itu, atau usaha editing video di era seperti sekarang menjadi semakin marak. Terlebih karena banyak orang yang berhasil meraup pundi-pundi uang dari membuat konten di YouTube, vlog, atau bahkan lewat video singkat berdurasi 1 menit di Instagram. Biaya edit video sendiri beragam, tergantung konsepnya.

“Pada dasarnya, untuk menentukan sebuah project video yang akan diedit adalah dengan perhitungan shift . Apabila materi dan output-nya sederhana, maka tidak akan memakan waktu yang lama, otomatis harganya semakin murah. Sebaliknya, Semakin susah materi video dan banyak , maka akan semakin memakan waktu dan tentunya harganya akan semakin mahal,” kata pemilik jasa Editingku.

Sebagai gambaran, biaya edit video dokumentasi, seperti untuk lamaran, pre-wedding, pernikahan, dan sebagainya dikenai biaya antara Rp300 ribu (per shift) sampai Rp600 ribuan. Kemudian untuk jasa editing video art untuk film pendek, indie, presentasi, dan sebagainya, dikenai harga sekitar Rp600 ribuan sampai Rp1 jutaan. Jasa edit video motion graphic untuk company profile atau artistic/cinematic untuk video klip musik dan lain-lain dikenai biaya kisaran Rp1 jutaan.

Ada juga jasa edit video kekinian freelance untuk Instagram, seperti vlog, DIY, travel video, how to make, atau review dengan durasi 1 menit yang dipatok hanya Rp50 ribu saja (sudah termasuk revisi). Sedangkan untuk 2 video biaya jasa per video-nya dikenai Rp25 ribu.

Di editing video, jasa edit setengah shift atau edit video seperlunya saja dikenai biaya sekitar Rp200 ribu. Saat ini juga banyak freelancer yang menyediakan jasa edit video dengan biaya relatif lebih terjangkau dibanding di foto, yakni berkisar mulai Rp80 ribuan.

Jasa edit video kini memang cukup populer karena menyimpan dokumentasi hanya dalam bentuk foto saja dianggap tidak cukup. Jasa semacam ini banyak dipakai untuk mendokumentasikan peristiwa penting seperti pernikahan, lamaran, ulang tahun, anniversary, hingga peluncuran produk.

Loading...