Lebih Rapi & Aman, Berapa Biaya Instalasi Listrik Bawah Tanah?

Instalasi Listrik Bawah Tanah - kanalnews.coInstalasi Listrik Bawah Tanah - kanalnews.co

Listrik telah menjadi kebutuhan penting bagi banyak orang. Di Indonesia sendiri, pemasangan listrik yang jamak dilakukan adalah di area terbuka, dengan bergelantungan, yang bisa merusak pemandangan. Nah, agar terlihat lebih rapi dan lebih aman, instalasi listrik di bawah tanah mungkin bisa Anda coba. Namun, untuk melakukan instalasi ini, memang diperlukan sejumlah biaya.

Saluran kabel bawah tanah, seperti namanya, adalah sistem penyaluran tenaga listrik melalui kabel-kabel yang ditanamkan di dalam tanah. saluran seperti ini adalah untuk pemasangan di dalam kota. Pasalnya, berada di bawah tanah, kabel listrik nantinya tidak akan mengganggu keindahan kota dan juga tidak mudah terjadi gangguan akibat kondisi cuaca dan kondisi alam.

“Kabel bawah tanah memiliki keunggulan, salah satunya lebih indah secara estetika,” papar Edy Mu’tasim Billah, salah satu karyawan PLN, seperti dilansir Detik. “Selain itu, juga lebih aman, misalnya terhadap gangguan petir ketika turun hujan, serta lebih bebas dari gangguan antara lain tersangkutnya layang-layang.”

Saat ini, instalasi listrik dengan kabel di bawah tanah memang masih minim. Umumnya, konsumen masih menggunakan overhead line (kabel menggantung). Ada banyak alasan kenapa penggunaan instalasi ini masih jarang. Selain terhadap kabel bawah tanah harus dilakukan secara baik, biaya instalasi juga relatif mahal, bahkan bisa 10 kali lipat instalasi kabel menggantung.

Pada tahun 2016 lalu misalnya, di Kota Surabaya, biaya yang dibutuhkan untuk kabel sekitar Rp1 juta hingga Rp2 juta per meter. Jika dikalikan sepuluh, maka biayanya membengkak Rp10 juta per meter. Itu belum termasuk biaya lain-lain, seperti persiapan pondasi, pekerjaan lampu, pekerjaan stang, pekerjaan jaringan, hingga pekerjaan panel.

Jika Anda menelusuri beberapa forum atau situs e-commerce Indonesia, ada banyak jasa yang menawarkan instalasi listrik bawah tanah. Biasanya, ditentukan per pekerjaan. Pekerjaan bor bawah tanah misalnya, dikenakan biaya Rp50 ribuan, sedangkan instalasi listrik berkisar Rp45 ribu sampai Rp100 ribuan, belum termasuk kabel dan keperluan lainnya.

Loading...