Sediakan Layanan Protesa Gigi, Berapa Biaya Implan Gigi dengan BPJS?

Biaya Implan GigiBiaya Implan Gigi

palsu, baik yang lepasan maupun permanen seperti implan memang membutuhkan yang tidak sedikit. Meski demikian, masyarakat Indonesia setidaknya bisa sedikit berhemat karena pihak menanggung beberapa biaya gigi di gigi yang menjadi rujukan utama.

“Selama peserta mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku, serta tindakan pemasangan gigi palsu tersebut berdasarkan indikasi medis yang jelas yang ditetapkan dokter gigi sebagai bentuk penanganan atas kondisi peserta (bukan atas keinginan peserta sendiri), maka biayanya dapat ditanggung oleh BPJS Kesehatan,” kata pihak Departemen Komunikasi dan Hubungan Masyarakat Grup Komunikasi dan Hubungan Antar Lembaga BPJS Kesehatan Kantor Pusat, seperti dilansir Liputan6.

Adapun cakupan layanan pembuatan gigi palsu yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan meliputi pelayanan protesa gigi atau gigi palsu dapat diberikan di Kesehatan (Faskes) Tingkat Pertama dan Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan. Kemudian protesa gigi atau gigi palsu diberikan kepada peserta BPJS Kesehatan dengan kehilangan gigi sesuai indikasi medis dan atas rekomendasi dari seorang dokter gigi.

maksimal penggantian protesa gigi atau gigi palsu adalah sebesar Rp1.000.000 dengan ketentuan sebagai berikut, untuk masing-masing rahang maksimal Rp500.000. Rincian per rahang untuk pemasangan 1 sampai 8 gigi sebesar Rp250.000 atau kehilangan gigi 9 sampai 16 sebesar Rp500.000.

Menurut pengakuan beberapa pasien yang menggunakan layanan protesa gigi dengan BPJS mengakui bahwa tak semua biaya pemasangan gigi palsu ditanggung oleh BPJS. Oleh sebab itu, jika ingin melakukan prosedur implan gigi atau tanam gigi bisa juga dilakukan di klinik gigi swasta.

Dibandingkan gigi palsu lepasan, gigi implan sifatnya lebih permanen karena ditanam dalam tulang rahang. Implan gigi tidak bisa dilepas/pasang sesuka hati pasien. Waktu yang diperlukan pun lebih lama lantaran prosedur pembuatannya rumit dan butuh pembedahan minor. Bahkan setelah pemasangan pun pasien harus menunggu hingga tulang rahang dan implan menyatu. Biaya implan gigi di klinik atau rumah sakit tanpa BPJS berkisar antara Rp5 jutaan hingga lebih dari Rp25 jutaan per satu implan.

Loading...