Diklaim Bisa Mengembalikan Selaput Dara, Segini Kisaran Biaya Hymenoplasty

Ilustrasi: prosedur operasi (pexels: Anna Shvet)Ilustrasi: prosedur operasi (pexels: Anna Shvet)

Bagi masyarakat Asia, khususnya di Indonesia, keperawanan menjadi hal yang sangat penting. Oleh sebab itu, tindakan untuk memperbaiki hymen atau selaput dara (hymenoplasty) beberapa waktu belakangan menjadi begitu populer. Padahal, robeknya selaput dara bukan hanya disebabkan oleh hubungan seks, tetapi juga bisa karena cedera ketika melakukan aktivitas fisik atau kecelakaan lainnya. Biaya hymenoplasty sendiri memang cukup mahal, mencapai angka jutaan .

“Hymenoplasty adalah memperbaiki hymen atau selaput dara wanita. Hymen yang robek akan dijahit halus agar kembali seperti semula,” kata dr. Alvin Nursalim, Sp.PD. dari KlikDokter. selaput dara harus dilakukan oleh ahli bedah yang memiliki pengalaman di bidangnya. Hal ini bertujuan agar dapat mengurangi yang terjadi setelah hymenoplasty.

Sebelum dilaksanakannya operasi, biasanya akan memberi anestesi terlebih dahulu. Dalam keadaan tertentu, prosedur hymenoplasty bisa dilakukan dengan anestesi umum. Operasi perbaikan selaput dara ini membutuhkan waktu sekitar 40 menit hingga 1 jam. Kabarnya, tak akan merasa kesakitan selama proses berlangsung.

Proses rekonstruksi atau hymenoplasty ini kabarnya tidak akan mengubah bentuk, lantaran hanya menjahit sobekan pada selaput dara dengan benang khusus. Walaupun tidak bisa seratus persen kembali seperti semula, dengan operasi hymenoplasty kemungkinan pasien dapat berdarah lagi ketika melakukan hubungan intim.

“Namanya kan memperbaiki. Bukan kayak baru lagi, sih. Tapi, ya, mendekati baru. Yang penting dalam proses pemulihan harus dijalankan aturannya,” kata salah satu dokter yang menangani hymenoplasty di salah satu yang ada di Jakarta Pusat.

Setelah prosedur hymenoplasty, pasien perlu menjalani proses pemulihan sekitar 2-3 bulan. Selama kurun waktu itu pula pasien dilarang melakukan olahraga dan aktivitas berat. Di klinik tersebut, biaya prosedur hymenoplasty dipatok dengan antara Rp12 juta hingga Rp20 jutaan, tergantung dari tingkat kerusakan selaput dara. tersebut rupanya di luar biaya konsultasi dan pemeriksaan kolposkopi serta pemeriksaan urine di laboratorium. Sedangkan di klinik lainnya mematok biaya berkisar mulai Rp8,5 jutaan.

Setelah menjalani operasi selaput dara, pasien mungkin mengalami beberapa risiko atau efek samping seperti berdarah, infeksi, nyeri pada organ seks, adanya bekas luka, hingga kelainan bentuk selaput dara. Oleh sebab itu, pastikan menjalani hymenoplasty di tempat yang terpercaya.

Loading...