Diklaim Lebih Murah dari RS, Ini Biaya Home Care

Ilustrasi : Seorang suster sedang merawat pasienIlustrasi : Seorang suster sedang merawat pasien - azmedika.com

JAKARTA – Home care saat ini semakin dipilih sebagai pelayanan kesehatan di , terutama kepada lansia, oleh mereka yang punya aktivitas sangat sibuk. Karena itu, tidak mengherankan jika kemudian jasa home care di Indonesia pun tumbuh subur. Biaya yang ditawarkan pun lumayan terjangkau, mulai ratusan ribu rupiah untuk reguler harian.

“Layanan perawat home care bertujuan untuk meningkatkan, mempertahankan, dan memulihkan kesehatan serta memaksimalkan kemandirian pasien sekaligus meminimalkan kecacatan akibat penyakit,” tulis Homecare 24, salah satu penyedia layanan ini, dalam situs resminya. “Perawat home care adalah layanan perawatan oleh perawat profesional sesuai standar dan sudah terlatih sesuai dengan SOP dan praktik keperawatan terbaru.”

Jasa penyedia lainnya, Insan Medika, menuturkan bahwa layanan kesehatan home care memungkinkan pengguna jasa atau pasien memperkerjakan perawat (caregiver/caretaker) di rumah, sehingga biaya lebih daripada melakukan perawatan atau penyembuhan di . Secara , pelayanan dan perawatan yang dilakukan oleh caregiver ini diklaim tidak kalah dengan yang diberikan oleh perawat di rumah sakit.

“Dikarenakan perawat akan bekerja secara intensif di rumah pasien selama 12 jam atau 24 jam, maka pengeluaran untuk penggunaan ruangan seperti di rumah sakit bisa dihilangkan,” tulis Insan Medika dalam web resmi mereka. “Hal ini sangat bagus untuk mengatur keuangan keluarga karena seperti yang kita ketahui bahwa penggunaan ruangan di rumah sakit tidaklah murah.”

Lalu, berapa biaya yang diperlukan untuk bisa menggunakan layanan home care ini? Menurut Insan Medika, perawat lulusan SMK Kesehatan dengan pengalaman satu tahun berkisar Rp275.000 per hari atau Rp3,8 jutaan per bulan, sedangkan perawat lulusan D3 atau S1 Keperawatan mulai Rp385.000 per hari atau Rp5,5 jutaan per bulan. Tentu saja, ini dapat berubah sewaktu-waktu.

Sementara itu, Homecare24 mengenakan biaya perawat reguler harian mulai Rp450.000, sedangkan tarif perawat lanjutan harian mulai Rp550.000. Jika ingin membayar secara mingguan, biayanya mulai Rp2,5 juta hingga Rp3 jutaan, sedangkan biaya perawatan bulanan mulai Rp5,75 juta untuk reguler dan Rp7,5 jutaan untuk perawat lanjutan.

Ada pula yang menawarkan per kunjungan atau per perawatan. Mitra Homecare misalnya, mematok biaya Rp50 ribu per kunjungan (radius 5 sampai 30 km) hingga Rp75 ribu per kunjungan (radius 30 km), sudah termasuk pemeriksaan tanda-tanda vital dan konsultasi. Jika ada tindakan lainnya, akan dikenakan biaya tambahan Rp30.000 per tindakan.

Loading...