Dikenal Kota Pelajar, Biaya Hidup di Kyoto Relatif Lebih Terjangkau dari Tokyo

Kyoto Jepang - www.contexttravel.comKyoto Jepang - www.contexttravel.com

Sebagai salah satu negara yang maju, banyak orang tertarik untuk dan hidup di . Tak terkecuali dengan Indonesia. memiliki banyak kota yang layak untuk disinggahi selain Tokyo, yakni Kyoto. Jika dibandingkan dengan Tokyo, biaya hidup di Kyoto kabarnya relatif lebih . Untuk tinggal di Kyoto setidaknya membutuhkan dana sekitar 99.900-114.900 yen atau sekitar Rp13,8 jutaan sampai Rp16 jutaan per bulan.

Kyoto sendiri dikenal sebagai kota pelajar di Jepang, atau banyak juga yang mengumpamakannya seperti Kota Yogyakarta di Indonesia. “Menurut sejarah, Kyoto dahulu kala adalah Ibukota Jepang selama lebih dari 1.000 tahun. Jika libur kuliah tiba, banyak hal bisa dinikmati di kota ini, misalnya bangunan bersejarah, Jepang hingga menikmati beragam kota itu,” demikian seperti dilansir Kompas.

Untuk mahasiswa Muslim pun tak perlu bingung, karena Kyoto termasuk kota yang ramah Muslim. Bahkan di Kyoto terdapat Islamic Cultural Centre dan Kyoto Rose Café yang menjual aneka makanan halal. Di sana pun tersedia atau tempat kajian keagamaan di Islamic Center.

Menurut survei yang dilakukan oleh Kyoto Sohyo, salah satu organisasi buruh di Kyoto yang dibantu oleh University of Shizuoka, untuk dapat hidup secara normal di Kyoto ternyata butuh gaji yang cukup besar. “Untuk laki-laki harus mengeluarkan sebanyak 245,785 yen setiap bulannya untuk bisa hidup di kota Kyoto, sedangkan untuk perempuan yang juga diberikan survey dengan pengeluaran sebesar 242,735 yen,” demikian hasil survei tersebut.

Apabila dirupiahkan, maka penghasilan bulanan rata-rata untuk dapat hidup di Kyoto sekitar Rp34 juta. Jika dijabarkan, maka pengeluaran itu terdiri dari biaya makan sekitar 44.441 yen, sewa tempat tinggal sekitar 41.667 yen, perlengkapan 7.419 yen, furnitur rumah 3.836 yen, baju dan sepatu 5.921 yen, biaya kesehatan 1.137 yen, transportasi/internet/telepon 18.162 yen, hiburan 27.510 yen, perawatan diri 4.413 yen, lain-lain 23.434 yen, pajak dan biaya pensiun 49.595 yen, dan tabungan sekitar 17.800 yen. Biaya hidup di Kyoto untuk setiap orang bisa saja berbeda-beda.

Loading...